Prestasi Belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1 Ditinjau Dari Ketrampilan Mengajar Dosen Dan Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2012 Universitas Muhammadiyah Surakarta

Etikasari, Novia (2013) Prestasi Belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1 Ditinjau Dari Ketrampilan Mengajar Dosen Dan Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2012 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui pengaruh ketrampilan mengajar dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa; 2) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa; 3) Untuk mengetahui pengaruh ketrampilan mengajar dosen dan minat belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2012 yang menempuh mata kuliah Dasar Akuntansi Keuangan 1,yang berjumlah 150 mahasiswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel teknik proportionate stratified random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya angket telah diujicobakan dan diuji validitas dan realibilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil dari analisis data diperoleh persamaan garis regresi linier Y=22,347+ 0,437X1 + 0,328 X2. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh yang signifikan ketrampilan mengajar dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa Dasar Akuntansi Keuangan 1 Pendidikan Akuntansi angkatan 2012 UMS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,451 > 1,983 (α = 5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,016; 2) ada pengaruh yang signifikan minat belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa Dasar Akuntansi Keuangan 1 Pendidikan Akuntansi angkatan 2012 UMS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,906 > 1,983 (α = 5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,004; 3) ada pengaruh yang signifikansi ketrampilan mengajar dosen dan minat belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa Dasar Akuntansi Keuangan 1 Pendidikan Akuntansi angkatan 2012 UMS. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 9,269 > 3,085 pada taraf signifikansi 5%; 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 43,1% dan sumbangan efektif 6,64%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 56,9% dan sumbangan efektif 8,76%. Hasil perhitungan R2 diperoleh 0,154, berarti 15,4% prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh ketrampilan mengajar dosen dan minat belajar mahasiswa, sisanya sebesar 84,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan Mengjar Dosen, Minat Belajar Mahasiswa, Prestasi Belajar Mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2014 13:04
Last Modified: 23 Jan 2014 09:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27452

Actions (login required)

View Item View Item