Aspek Kepribadian Tokoh Karang dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA

SULISTYOWATI, YULI and , Dr. Nafron Hasjim (2013) Aspek Kepribadian Tokoh Karang dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasai)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (412kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (587kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (318kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img]
Preview
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf

Download (138kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan unsur-unsur yang membangun novel MBDA karya Tere Liye, (2) mendiskripsikan aspek kepribadian tokoh Karang dalam novel MBDA dengan tinjauan psikologi sastra, dan (3) memaparkan implementasi hasil penelitian novel MBDA karya Tere Liye sebagai bahan ajar di SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskripsi kualitatif dengan strategi embedded and case study research (studi kasus terperancang). Objek penelitian ini adalah aspek kepribadian tokoh Karang dalam novel MBDA karya Tere Liye. Data penelitian berupa kata, frasa, klausa, ungkapan dan kalimat dalam novel MBDA. Sumber data penelitian berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa teknik kepustakaan, teknik simak dan teknik catat. Teknik validasi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik trianggulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode pembacaan model semiotik yakni pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil analisis struktural novel MBDA karya Tere Liye menunjukkan bahwa novel ini bertema arti sebuah kehidupan. Tokoh utama dalam novel ini adalah Karang, sedangkan tokoh pendamping dalam novel ini, antara lain Melati, Bunda HK, Tuan HK, Salamah, Ibu-ibu gendut, dan Kinasih. Alur yang digunakan dalam penelitian ini adalah alur maju (progresif). Latar tempat dalam penelitian ini terjadi di pelabuhan kota, perbukitan, teras, kamar, ruang makan dan di belakang kota. Latar waktu terjadi selama tiga tahun. Latar sosial dalam penelitian ini adalah kehidupan seorang anak kecil berusia enam tahun. Hasil analisis aspek keribadian tokoh Karang dalam novel MBDA karya Tere Liye meliputi 1) pribadi yang tidak lekas putus asa, 2) pribadi yang senang membaca buku, dan 3) pribadi yang berbicara singkat, tetapi mantap. Penelitian tentang aspek kepribadian tokoh Karang dalam novel MBDA karya Tere Liye dapat digunakan dalam pembelajaran sastra di SMA kelas XI dengan standar kompetensi 7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/terjemahan pada kompetensi dasar 7.2 menganalisis unsur-unsur instrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan. Dalam hal ini siswa dituntut mampu menganalisis unsur instriksik dan ekstriksik dalam novel.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepribadian tokoh Karang, novel Moga Bunda Disayang Allah dan psikologi sastra dan implementasi pembelajarannya.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 22 Jan 2014 13:04
Last Modified: 27 Oct 2021 06:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27451

Actions (login required)

View Item View Item