Penerapan Pembelajaran Uret Susu Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di Depan Kelas Pada Siswa Kelas X.2 SMA Muhammadiyah 4 Andong Dengan Pembelajaran Mendengarkan Cerita Sandiwara Pada Rekaman

ARIFIADI, WAHYU DWI and , Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M. Hum and , Drs. Andi Haris Prabawa, M. Hum. (2013) Penerapan Pembelajaran Uret Susu Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di Depan Kelas Pada Siswa Kelas X.2 SMA Muhammadiyah 4 Andong Dengan Pembelajaran Mendengarkan Cerita Sandiwara Pada Rekaman. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (726kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (57MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan metode Uret Susu di kelas X.2 SMA Muhammadiyah 4 Andong tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, observasi dan angket. Alat pengumpulan data meliputi lembar kerja siswa, rekaman, pedoman observasi dan pedoman angket. Hasil penelitian dipaparkan sebagai berikut: (1) Penggunaan metode Uret Susu dapat meningkatkan kemampuan Berbicara di depan kelas pada siswa kelas X.2 SMA Muhammadiyah 4 Andong dalam pembelajaran mendengarkan cerita sandiwara pada rekaman. Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM berdasarkan hasil tes siswa pada kondisi awal adalah 14 siswa (44%), siklus I sebanyak 22 siswa (69%), dan siklus II sebanyak 30 siswa (94%). (2) Setelah menggunakan metode Uret Susu keaktifan siswa meningkat dalam mengikuti pembelajaran mendengarkan cerita sandiwara pada rekaman. berdasarkan hasil pengamatan menunjukkan tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran siklus I ke siklus II meningkat lebih baik, yakni pada siklus I nilai keaktifan siswa sebesar 66,66 (kategori baik) dan pada siklus II sebesar 86,66 (kategori sangat baik). Dari hasil ini, metode Uret Susu dapat dijadikan suatu pertimbangan bagi guru yang ingin menerapkan strategi pembelajaran aktif yang dapat mengaktifkan siswa dalam belajar, sehingga hasil belajar meningkat, terutama dalam pembelajaran mendengarkan cerita sandiwara.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: uret susu, berbicara, mendengarkan rekaman cerita sandiwara
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 22 Jan 2014 12:18
Last Modified: 27 Oct 2021 06:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27449

Actions (login required)

View Item View Item