Kritik Sosial dalam Lirik Lagu Album Serigala Militia (2007) Karya Band Seringai: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implementasinya sebagai bahan Ajar Sastra di SMA

MARYANTO, MARYANTO and , Dr Nafron Hasjim and , Drs. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. (2013) Kritik Sosial dalam Lirik Lagu Album Serigala Militia (2007) Karya Band Seringai: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implementasinya sebagai bahan Ajar Sastra di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09._FULL_TEXT_NSKH_PBLKS.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf

Download (233kB)
[img] PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab IIII)
04._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Lampiran)
08._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan struktur yang membangun puisi dalam lirik lagu album Serigala Millitia karya band Seringai, (2) mendeskripsikan kritik sosial lirik lagu dalam album Serigala Militia karya band Seringai dengan menggunakan tinjauan sosiologi sastra, dan (3) mendeskripsikan implikasi hasil penelitian sebagai bahan ajar sastra di SMA. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah kritik sosial dalam lirik lagu album Serigala Militia (2007) karya band Seringai. Data penelitian ini berupa kata-kata dalam baris dan bait lirik lagu album Serigala Militia (2007) karya band Seringai. Sumber data penelitian ini adalah enam lirik lagu album Serigala Militia karya band Seringai yang dirilis pada tahun 2007 oleh High Octane Record. Pengumpulan data menggunakan teknik pustaka dan catat. Data penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis menggunakan teori dialektik Goldman melalui konsep pemahamanpenjelasan. Adapun lirik lagu yang diteliti adalah (1) "Berhenti di 15", (2) "Mengadili Persepsi [Bermain Tuhan]", (3) "Menelan Mentah, Semua Ini Tak Akan Bertahan Lama", (4) "Skeptikal", (5) "Serigala Militia", dan (6) "Citra Natural". Hasil penelitian ini adalah struktur puisi berupa (1) metode puisi: diksi, pengimajian, kata konkret, majas, versifikasi dan tipografi; (2) hakikat puisi: tema, nada, perasaan, dan amanat. Struktur puisi tersebut menunjukkan keutuhan, keterkaitan dan kebulatan antara satu dengan yang lain dalam mendukung totalitas makna. Berdasarkan hasil pembacaan sosiologi sastra ditemukan kritik sosial meliputi (1) kritik sosial terhadap kriminalitas terdapat pada lirik lagu “Mengadili Persepsi [Bermain Tuhan]”, (2) kritik sosial terhadap kependudukan terdapat pada lirik lagu “Berhenti Di 15” dan “Serigala Militia”, (3) kritik sosial terhadap budaya terdapat pada lirik lagu “Menelan Mentah, Semua Ini Takkan Bertahan Lama” dan “Citra Natural”, dan (4) kritik sosial terhadap sosial politik terdapat pada lirik lagu “Mengadili Persepsi [Bermain Tuhan]” dan “Skeptikal”.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kritik sosial, lirik lagu album Serigala Militia, sosiologi sastra.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0080 Criticism
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 22 Jan 2014 11:52
Last Modified: 27 Oct 2021 06:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27447

Actions (login required)

View Item View Item