Pengaruh Latihan Tricep Press Down Dan Seated Rowing Terhadap Peningkatan Daya Tahan Otot Lengan Pada Atlet Panahan Di Kabupaten Klaten

MULYAWATI, SIRIH ARUM SARI and , Dwi Rosella K, S.St FT., M.Fis and , Arif Pristianto, SST.FT (2013) Pengaruh Latihan Tricep Press Down Dan Seated Rowing Terhadap Peningkatan Daya Tahan Otot Lengan Pada Atlet Panahan Di Kabupaten Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (395kB)

Abstract

Latar Belakang : Daya tahan yang lebih dominan dalam cabang olahraga panahan adalah daya tahan otot. Daya tahan otot mengacu kepada suatu kelompok otot yang mampu untuk melakukan kontraksi yang berturut-turut salah satunya yaitu otot lengan. Daya tahan otot lengan adalah kemampuan otot atau sekelompok otot untuk dapat berkontraksi secara dinamis ataupun statis dengan menahan beban dalam waktu yang relatif lama, untuk dapat menjaga kestabilan antara daya tarik dan daya dorong yang dilakukan oleh otot-otot lengan agar terciptanya konsistensi gerakan dari awal-akhir pertandingan. Latihan untuk meningkatkan daya tahan otot lengan dengan metode latihan beban yaitu tricep press down dan seated rowing. Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh latihan tricep press down dan seated rowing terhadap peningkatan daya tahan otot lengan pada atlet panahan di Kabupaten Klaten. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan Quasi Eksperiment. Pelaksanaan penelitian dilakukan oleh atlet panahan sebanyak 14 atlet dan dibagi menjadi 2 kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Dosis latihan yang diberikan selama 4 minggu, dilakukan 3 set, dengan jumlah pengulangan 20 kali dengan waktu istirahat 30 detik di sela-sela set. Pengukuran daya tahan otot lengan menggunakan tes menahan busur. Teknik pengambilan data dilakukan dengan desain penelitian pre-post test. Uji pengaruh menggunakan Wilcoxon dan Uji beda pengaruh menggunakan Man-Whitney. Hasil penelitian : Pemberian latihan tricep press down dan seated rowing terhadap daya tahan otot lengan sebelum dan sesudah pada kelompok perlakuan didapatkan hasil yang signifikan yaitu ada pengaruh pada kedua latihan tersebut dengan nilai p=0,018 < 0,05 dan pada kelompok kontrol p=0,124 > 0,05 tidak memberikan adanya pengaruh. Hasil uji Man-Whitney menunjukkan hasil p=0,002 < 0,05 yang berarti ada beda pengaruh pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Daya tahan otot lengan, Tricep press down, Seated rowing
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 06 Mar 2014 12:11
Last Modified: 09 May 2016 03:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27446

Actions (login required)

View Item View Item