Pengelolaan Akreditasi Sekolah Di SMP Negeri 23 Purworejo

Kristiastuti, Irene and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko and , Dra. Dwi Haryanti, M. Hum. (2013) Pengelolaan Akreditasi Sekolah Di SMP Negeri 23 Purworejo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (322kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (900kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui (1) Landasan atau Dasar lahirnya kurikulum Alquran, (2) Wujud kurikulum Alquran untuk membentuk karakter, (3) Pelaksanaan pembelajaran Alquran untuk membentuk karakter, (4) Evaluasi kurikulum Alquran untuk membentuk karakter. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SMK Nurul Musthofa Bilingual Boarding School Demak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah (1) Landasan lahirnya kurikulum pembelajaran pendidikan Alquran di SMK Nurul Musthofa ada 4 yaitu (a) filosofi yaitu dengan memasukkan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran, (b) psikologis yaitu dengan memperhatikan kondisi siswa, (c) sosial merujuk pada lingkungan dimana sekolah berada, (d) organisatoris mengacu pada bentuk dan bahan pelajaran yang disajikan. (2) Wujud kurikulum terdiri dari (a) KTSP yang merupakan gabungan dari 4 model kurikulum yaitu subjek akademis, humanistik, rekonstruksi sosial dan teknologis, (b) Program tahunan yang dipersiapkan dan di kembangkan oleh guru sebelum tahun ajaran, (c) Program semester sekolah menengah kejuruan untuk kelas II semester 1 diisi dengan kegiatan praktek kerja lapangan selama satu semester, (d) Silabus dan RPP dibuat pada awal tahun ajaran baru sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ingin dicapai. (3) Pelaksanaan pembelajaran di SMK Nurul Musthofa sudah mengacu pada komponenkomponen yang ada dalam pembelajaran. Tujuan pembelajaran dari mapel Pendidikan Alquran adalah siswa mampu membaca Alquran dengan baik berdasarkan tajwid dan mengaplikasikan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari. Dengan materi pembelajaran ayat-ayat Alquran, tajwid, tartil dan qiraah. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah gabungan dari model pembelajaran ceramah, Tanya jawanb dan praktek. Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran adalah laptop, LCD dan Video. Dan evaluasi pembelajaran yang digunakan adalah tes perbuatan dan tes tertulis. (4) Evaluasi kurikulum dilakukan untuk mengetahui kesesuaian antara kurikulum yang telah dibuat sebelumnya dengan pelaksanannya dilapangan. Evaluasi kurikulum di SMK Nurul Mustofa dilaksanakan dalam konteks mikro oleh guru mata pelajaran. Pelaksanaan evaluasi kurikulum di SMK Nurul Mustofa menggunakan model CIPP.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Kurikulum, Pembelajaran, Pembentukan Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2014 12:25
Last Modified: 27 Oct 2021 04:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27443

Actions (login required)

View Item View Item