Peningkatan Kemampuan Membuat Kalimat Interogatif Dengan Pendekatan Inquiri Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Selo Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012

Juminah, Juminah and , Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum., and , Drs. Yakub Nasucha, M.Hum. (2013) Peningkatan Kemampuan Membuat Kalimat Interogatif Dengan Pendekatan Inquiri Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Selo Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (399kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (135kB)

Abstract

Tujuan yang telah dicapai dalam penelitian ini ada : (1) Ingin mendeskripsikan kemampuan membuat kalimat interogatif pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Selo, Boyolali tahun pelajaran 2011/2012. (2) Ingin mendeskripsikan jenis kata interogatif yang dominan digunakan siswa dalam menggunakan kalimat interogatif bagi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Selo, Boyolali tahun pelajaran 2011/2012. (3) Ingin mendeskripsikan penerapan pendekatan inquiri dalam meningkatkan kemampuan membuat kalimat in terogatif bagi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Selo Boyolali tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu peneliian yang mengkombinasikan prosedur penelitian dengan tindakan subtansif, suatu tindakan yang dilakukan dalam disiplin inquiri, atau suatu usaha untuk memahami apa yang sedang terjadi, sambil terlibat dalam sebuah proses perbaikan dan perubahan. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 1 Selo, Kabupaten Boyolali yang penelitian selama enam bulan, yaitu April sampai dengan September 2011. Tindakan dilaksanakan beberapa siklus, setiap siklus 2 kali tatap muka, dan setiap pertemuan 2 jam pelajaran (2 x 35 menit). Penelitian tindakan kelas ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V di SD Negeri 1 Selo, Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 33 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan cara membandingkan hasil tindakan pada kondisi awal, hasil tindakan setelah pelaksanaan siklus I dan hasil tindakan setelah pelaksanaan siklus-siklus berikutnya dan kemudian direfleksi. Yang dibandingkan antara lain adalah: (1) pelaksanaan tindakan, (2) proses belajar, (3) hasil belajar. Hasil penelitian berupa kesimpulan bahwa (1) Kemampuan membuat kalimat interogatif siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Selo Boyolali tahun pelajaran 2011/2012 cukup baik. (2) Jenis kalimat yang banyak digunakan kata apa (menyatakan tentang benda atau hal), berapa (menyatakan jumlah) bagaimana (menyatakan keadaan atau siotuasi), apa sebab (menyatakan tentang sebab), di mana (menyatakan tempat); penggunaan partikel –kah (sebagai kalimat baku), (2) siswa mengklasifikasikan kalimat interogatif berdasarkan ciri-ciri dan sifat-sifat kalimat interogatif dengan benar. (3) Penerapan pendekatan inquiri dapat meningkatkan kemampuan membuat kalimat interogatif bagi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Selo Boyolali tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kalimat interogatif, dan pendekatan inquirí
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jan 2014 08:22
Last Modified: 22 Oct 2021 02:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27430

Actions (login required)

View Item View Item