Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Menggunakan Barcode Dan Visual Basic Di SMP Negeri 13 Surakarta (Research And Development)

Widyawati, Ria and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom and , Dr. Muslich Hartadi, P.hD (2013) Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Menggunakan Barcode Dan Visual Basic Di SMP Negeri 13 Surakarta (Research And Development). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (403kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (744kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)

Abstract

Teknologi informasi digunakan dalam berbagai aspek kehidupan, antaralain digunakan untuk mempermudah pertukaran data dan informasi dalam manajemen perpustakaan. Sebagaimana kita ketahui, Perpustakaan dapat ditemui dalam kehidupan sehari - hari umat manusia, baik perpustakaan pribadi atau perpustakaan umum, salah satunya yaitu perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah ada di setiap sekolah, mulai dari sekolah dasar sampai tingkat perguruan tinggi. Perpustakaan tersebut dikelola sekolah negeri ataupun swasta, baik sekolah umum maupun kejuruan. Pengelolaan perpustakaan sekolah sebaiknya dilakukan pustakawan yang professional. Walaupun dilakukan oleh pustakawan, pengelolaan Perpustakaan SMP Negeri 13 Surakarta masih menggunakan cara manual. Sistem sirkulasi peminjaman dan pengembalian buku masih dengan cara sederhana, yaitu dengan pencatatan pada kertas. Hal ini tentu saja mempunyai banyak kelemahan, terutama kesulitan melacak catatan untuk pengembalian dan peminjaman buku apabila ada buku yang hilang. Begitu juga akan timbul kendala apabila ada banyak pengunjung perpustakaanya di waktu yang terbatas, antara lain peminjaman atau pengembalian pada saat jam istirahat. Hal tersebut juga dipengaruhi jumlah pustakawan yang terbatas sejumlah 2 orang petugas. Dimana pustakawan tersebut bertugas menatausahakan sirkulasi koleksi perpustakaan dan melayani pertanyaan dari pengunjung perpustakaan tentang koleksi di perpustakaan. Dari hal tersebut, maka diperlukan pengembangan sistem manajemen perpustakaan berdasarkan Teknonolgi Informasi. Sistem informasi manajemen perpustakaan SMP Negeri 13 Surakarta dengan menggunakan Visual Basic 6.0 dan barcode memiliki empat form didalamnya yaitu file, transaksi, laporan dan tools. Pada proses transaksi peminjaman dan pengembalian buku dengan menggunakan manual, memakan waktu yang lebih lama. Apabila dengan menggunakan program aplikasi perpustakaan ini semua data tersimpan pada database, dan bisa di copy di komputer lain yang diinginkan, juga tersedia laporan yang lengkap pada semua transaksi sehingga lebih cepat pengelolaannya dan pada akhirnya timbul kepuasan pelanggan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sistem, manajemen, barcode, perpustakaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Jan 2014 11:50
Last Modified: 27 Oct 2021 03:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27419

Actions (login required)

View Item View Item