Pengelolaan Pembelajaran Berbahasa di TK Negeri Pembina Jatipurno

Wahyuni, Dwi and , Prof.Dr. Abdul Ngalim, M.M.,M.Hum. and , Dr. Samino, M.M. (2013) Pengelolaan Pembelajaran Berbahasa di TK Negeri Pembina Jatipurno. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (589kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB___IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB___V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran berbahasa di TK Negeri Pembina Jatipurno, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengelolaan pembelajaran berbahasa di TK Negeri Pembina Jatipurno, dan (3) Untuk mendeskripsikan penilaian pembelajaran berbahasa di TK Negeri Pembina Jatipurno. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Desain penelitian ini adalah desain penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data serta informasi guna mendukung jalannya proses penelitian. Sumber data dalam penelitian adalah Kepala TK Negeri Pembina Jatipurno, guru, orang tua peserta didik. Data divalidasi dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan program pembelajaran di TK Negeri Pembina Jatipurno dilaksanakan berdasarkan program tahunan (Prota), program semester (Promes), Rencana kegiatan mingguan (RKM) dan rencana kegiaan harian (RKH). (2) Pelaksanaan pembelajaran berbahasa di TK Negeri Jatipurno menggunakan model pembelajaran area (3) Penilaian di TK Negeri Pembina Jatipurno dilaksanakan secara berkesinambungan yaitu penilaian proses. Alat yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, unjuk kerja, penugasan, percakapan, dan semua itu diwujudkan berupa rapor.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Taman kana-kanak, Pembelajaran, manajemen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Jan 2014 10:22
Last Modified: 27 Oct 2021 03:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27414

Actions (login required)

View Item View Item