Pengelolaan Pembelajaran Teknik Pemesinan Di SMK Warga Surakarta (Etnografi Mikro)

Adam, Adam (2013) Pengelolaan Pembelajaran Teknik Pemesinan Di SMK Warga Surakarta (Etnografi Mikro). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (363kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (447kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Jurnal_Publikasi.pdf

Download (550kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui model kurikulum dan silabus yang digunakan dalam pembelajaran teknik pemesinan, (2) Untuk mengetahui tujuan pembelajaran teknik pemesinan, (3) Untuk mengetahui teknik-teknik yang digunakan dalam pembelajaran teknik pemesinan, (4) Untuk mengetahui peran guru dan siswa dalam pembelajaran teknik pemesinan, (5) Untuk mengetahui media peralatan yang digunakan dalam pembelajaran teknik pemesinan, (6) Untuk mengetahui model evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran teknik pemesinan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Warga Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis data menggunakan metode analisis etnografi. Hasil penelitiannya adalah: (1) model kurikulum dan silabus yang digunakan adalah Kurikulum Tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang mengacu pada Badan Standar Nasional Pendidikan dan mengacu pada Standar Kopetensi Kerja Nasional (SKKN), (2) tujuan pembelajaran teknik pemesinan adalah untuk menghasilkan lulusan yang merupakan tenaga terdidik, terlatih, dan terampil yang memenuhi kompetensi yang dipersyaratkan oleh dunia kerja dalam bidang teknik yang relevan, (3) teknik-teknik yang digunakan dalam pembelajaran teknik pemesinan adalah ceramah, Tanya jawab, diskusi, pemberian tugas, demonstrasi, latihan dan praktek, (4) peran guru dalam pembelajaran teknik pemesinan adalah sebagai sumber belajar, sebagai fasilitator, sebagai pengelola pembelajaran, sebagai demonstrator, sebagai pembimbing, sebagai motivator dan juga sebagai evaluator dalam meningkatkan keberhasilan program belajar mengajar baik dalam kegiatan pengajaran teori maupun kegiatan praktikum di laboratorium. Peran siswa dalam pembelajaran yaitu mendengarkan, mencatat, mengerjakan, mempraktekan, bertanya dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru pada saat proses belajar mengajar baik dalam kegiatan pembelajaran teori maupun kegiatan pembelajaran praktikum, (5) media yang digunakan dalam pembelajaran adalah multi media, media gambar, OHP proyektor, media cetak, dan berbagai peralatan mesin dan bahan lain yang ada di laboratorium, (6) evaluasi dalam pembelajaran: formatif dan sumatif.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan; pembelajaran; pemesinan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Jan 2014 07:11
Last Modified: 17 Jan 2014 10:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27410

Actions (login required)

View Item View Item