Analisis Faktor-Faktor Determinan Keberhasilan Pembinaan Guru SD Pascasertifikasi di Kabupaten Demak

Utaminingsih, Sri and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dr. Suyatmini, M.Si (2013) Analisis Faktor-Faktor Determinan Keberhasilan Pembinaan Guru SD Pascasertifikasi di Kabupaten Demak. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor – faktor determinan pembinaan guru SD pascasertifikasi di Kabupaten Demak. Untuk menjawab permaslahan bagaimana pengaruh langsung dan tidak langsung motivasi kerja, kemampuan guru dan sikap supervisor terhadap keberhasilan pembinaan melalui tehnik dan prinsip pembinaan guru SD pascasertifikasi. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pengambil kebijaksanaan pembinaan guru SD pascasertifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan path analisyis untuk uji hipotesis. Sampel penelitian sejumlah 285 guru SD pascasertifikasi dengan tehnik pengambilan sampel propusive propotional rondom sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner, dukumentasi. Path analisis diolah dengan lisrel untuk memperoleh goodnes of fit model dan software spss versi 16. Temuan penelitian ini adalah model faktor – faktor determinan dikatakan sesuai dengan data empirik di lapangan, dan setelah di uji hipotesis maka diketahui bahwa variabel eksogen motivasi kerja guru, kemampuan guru, dan sikap supervisor memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung melalui teknik pembinaan dan prinsip pembinaan terhadap keberhasilan pembinaan. Kontribusi untuk motivasi kerja sebesar 0,101 dengan pengaruh 10%, kontribusi kemampuan guru sebesar0,9 dengan pengaruh 9 %, sikap supervisor sebesar 0,122 dengan pengaruh 45 % dan sisanya dipengaruhi faktor lain. Simpulannya adalah bahwa model faktor – faktor determinasi pembinaan guru pascasertifikasi diterima secara model teoritis karena fit atau sesuai dengan data di lapangan. Terbukti bahwa keberhasilan pembinaan guru pascasertifikasi dipengaruhi oleh variable prinsip pembinaan dan tehnik pembinaan. Terbukti pula variable eksogen motivasi kerja, kemampuan guru, dan sikap supervisor berpengaruh terhadap tehnik dan prinsip pembinaan guru SD pascasertifikasi di Kabupaten Demak, hal ini membuktikan bahwa variable yang dipilih untuk mendukung variable teknik dan prinsip pembinaan memiliki signifikansi. Saran atau rekomendasi adalah perlunya memasukkan unsur motivasi kerja dalam pembinaan guru yang selama ini kurang diperhatikan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: analisi factor, keberhasilan, pembinaan, guru sd, pascasertifikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Jan 2014 07:01
Last Modified: 27 Oct 2021 02:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27409

Actions (login required)

View Item View Item