Pengelolaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Kejar Paket C Di Semarang (Studi Situs di PKBM Sarana Ilmu Semarang)

Siyamsih, Sri and , Dr. Sumardi, M.Si and , Drs. Sigit Haryanto, M.Hum (2013) Pengelolaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Kejar Paket C Di Semarang (Studi Situs di PKBM Sarana Ilmu Semarang). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (704kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (281kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Ada tiga tujuan dalam penelitian ini, (l) untuk mendeskripsikan perencanaan penanaman pendidikan karakter dalam pembelajaran kejar paket C di PKBM Semarang, (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan penanaman pendidikan karakter dalam pembelajaran kejar paket C di Semarang di PKBM Semarang, dan (3) untuk mendeskripsikan evaluasi pendidikan karakter dalam pembelajaran kejar paket C di PKBM Sarana Ilmu Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pendekatannya dengan desain etnografi. Subjek utama penelitian adalah ketua penyelenggara, tutor, dan peserta. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data diawali dari (l) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) display data, dan (4) penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) perencanaan penanaman pendidikan karakter dalam pembelajaran kejar paket C di PKBM Sarana Ilmu Semarang dilakukan oleh tutor dengan menyiapkan nilai-nilai karakter tang tertuang dalam silabus dan RPP. Nilai-nilai tersebut meliputi nilai religi, jujur, disiplin, kreatif, toleransi, dan juga peduli sosial. Tutor juga menyiapkan bahan ajar berupa buku paket dari Dinas PLS yang memuat materi dengan tingkat kesulitan rendah serta memuat nilai-nilai karakter bangsa. (2) Pelaksanaan penanaman pendidikan karakter kejar paket C di PKBM Sarana Ilmu Semarang dilakukan secara terpadu dengan semua mata pelajaran. Guru menyisipkan nilai karakter di sela-sela kegiatan pembelajaran. Metode diskusi berpasangan menjadikan peserta kreatif dalam berkomunikasi dan juga mampu bekerja sama. Selain ditanamkan secara terintegrasi, penanaman nilai karakter bangsa dilakukan melalui kegiatan keterampilan menjahit, membuat batu bata merah, dan juga berkunjung ke panti asuhan. (3) Penilaian pendidikan karakter dalam pembelajaran kejar paket C dilakukan setiap hari dengan melakukan kegiatan pengamatan dan juga pemberian tugas yang mampu menunjukkan kepribadian peserta yang mencerminkan nilai karakter bangsa. Tutor menyusun indikator sesuai nilai karakter yang merupakan aspek penilaian pendidikan karakter bangsa. Sistem penilaiannya menggunakan pernyataan kualitatif yang meliputi belum terlihat, mulai terlihat, mulai berkembang, dan menjadi kebiasaan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, karakter, pembelajaran, paket c,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Jan 2014 09:11
Last Modified: 27 Oct 2021 02:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27407

Actions (login required)

View Item View Item