Pengelolaan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Pengembangan Diri Di SD Muhammadiyah 1 Wonogiri

Sriyanto, Sriyanto and , Dr. Samino, M.M. and , Drs. Djalal Fuadi, MM. (2013) Pengelolaan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Pengembangan Diri Di SD Muhammadiyah 1 Wonogiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_(jurnal).pdf

Download (473kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pendidikan karakter pada kegiatan pengembangan diri di SD Muhammadiyah 1 Wonogiri, yang meliputi tiga hal yaitu perencanaan pendidikan karakter, pelaksanaan pendidikan karakter dan evaluasi pendidikan karakter. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. subyek penelitian adalah SD Muhammadiyah 1 Wonogiri, yang terdiri dari kepala sekolah, pendidik dan tenaga ependidikan, peserta didik, sarana prasarana dan dokumen tertulis yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui studi dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah menganalisis data, mereduksi data, penampilan data, verifikasi data menuju kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pendidikan karakter pada kegiatan pengembangan diri dilakukan pada tiga hal yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan dimulai dengan menyusun analisis kontek, membuat RAKS dan menyusun dokumen kurikulum buku 1, pada tahap pelaksanaan dimulai dengan penataan lingkungan sekolah yang kondusif, pelaksanaan pendidikan karakter dengan pengembangan diri menyangkut dua hal yaitu dengan bimbingan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler. Bimbingan kanseling dilakukan oleh guru kelas untuk membantu siswa mengatasi masalah pribadi, masalah sosial siswa dan hambatan kesulitan belajar, sedangkan pada kegiatan ekstrakurikuler dibimbing oleh pembina ekstrakurikuler baik yang bersifat wajib maupun pilihan, kegiatan pendidikan karakter pada ekstrakurikuler dilakukan melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler ditanamkan karakter yang baik. Untuk memperkuat pendidikan karakter dilakukan dengan pembiasaan dan keteladanan berupa kegiatan bersalaman setiap pagi, pengajian mentari pagi, Sholat dhuha, Shalat wajib berjamaah, meletakkan sepatu secara tertib, dan makan secara tertib. Evaluasi pendidikan karakter dilakukan dengan pertemuan rutin dengan orang tua siswa, menerbitkan buku bina ibadah dan buku penghubung, kunjungan kerumah siswa dan pengamatan perkembangan karakter siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakter; pendidikan; pengelolaan; pengembangan diri.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Jan 2014 07:56
Last Modified: 27 Oct 2021 02:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27404

Actions (login required)

View Item View Item