Pengelolaan Pembelajaran Matematika Kontekstual Di SMP Negeri 1 Wonogiri

HARIYANTO , HARIYANTO (2013) Pengelolaan Pembelajaran Matematika Kontekstual Di SMP Negeri 1 Wonogiri. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
JUDUL-ABSTRAK-DAFTAR_ISI.pdf

Download (964kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (216kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (465kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pengelolaan ruang pembelajaran matematika kontekstual di SMP Negeri 1 Wonogiri Tahun Pelajaran 2012/2013, (2) Mendeskripsikan interaksi siswa dengan guru dalam pembelajaran matematika kontekstual di SMP Negeri 1 Wonogiri Tahun Pelajaran 2012/2013, dan (3)Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran matematika kontekstual di SMP Negeri 1 Wonogiri Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi dengan subjek penelitian di SMP Negeri 1 Wonogiri. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, pengamatan, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru matematika, dan siswa. Data-data dikumpulkan dan dianalisis menggunakan model interactive model, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, verifikasi data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ruang pembelajaran matematika kontekstual di SMP Negeri 1 Wonogiri Tahun Pelajaran 2012/2013 dikelola dengan memperhatikan aspek-aspek visibility (keleluasaan pandangan), accesibility (mudah dicapai), flexibility (keluwesan), kenyamanan, dan keindahan, (2) Interaksi antara guru dengan peserta didik diciptakan secara mutiarah; komunikasi timbal-balik antara guru dengan siswa dibangun sejak awal sampai akhir pembelajaran dengan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran kontekstual yang meliputi konstruktivisme (constructivisvism), penemuan sendiri (inquiry), bertanya (questioning), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modeling), refleksi (reflection), dan penilaian sebenarnya (authentic assessment), dan (3) Evaluasi pembelajaran matematika kontekstual di SMP Negeri 1 Wonogiri Tahun Pelajaran 2012/2013 dilaksanakan dengan menggunakan sistem penilaian berkelanjutan, ialah sistem penilaian yang mampu mengukur semua kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, ruang, interaksi, evaluasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 15 Jan 2014 12:35
Last Modified: 15 Jan 2014 13:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27399

Actions (login required)

View Item View Item