Pengelolaan pembelajaran bahasa Inggris Pada Siswa Tingkat VII MTsN Sumberlawang

Hidayati, Hidayati and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M M.Hum and , Dr. Phil. Dewi Candraningrum, M.Ed. (2013) Pengelolaan pembelajaran bahasa Inggris Pada Siswa Tingkat VII MTsN Sumberlawang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (685kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)

Abstract

Penelitian ini adalah kualitatif, desain penelitian adalah etnografi, penelitian ini dilakukan di MTsN Sumberlawang, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara, wawancara, observasi, analisis dokumen, analisis data dilakukan melalui tiga tahap yang merupakan kesatuan proses, reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembalajaran bahasa Inggris pada siswa tingkat VII MTsN Sumberlawang Kabupaten Sragen. Subfokus, pengelolaan pembelajaran, ciri-ciri materi pembelajaran, aktivitas pembelajaran, evaluasi pembelajaran. Pengelolaan bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien melalui beberapa kegiatan, perencanaan sebagai haluan seluruh kegiatan, pengorganisasian sebagai pemetaan dan pembagian tugas, pengarahan untuk memastikan seluruh personal melaksanakan tugas, pengawasaan untuk memastikan seluruh kegiatan sesuai perencanaan, pembentukan MGMP internal untuk meningkatkan prestasi, guru piket berasal dari MGMP internal. Ciri-ciri materi pembelajaran, materi formal bersumber dari buku resmi, materi informal berasal dari luar buku resmi, materi mengandung unsur kognitif, afektif, psikomotorik, materi memuat aspek kemampuan berbahasa. Aktivitas pembelajaran, alokasi jam pembelajaran untuk tahapan, appersepsi, penyajian materi, tahap evaluasi dan tindak lanjut, pendekatan, strategi, metode berorientasi pada anak, artinya dapat dikembangkan sesuai potensi, motivasi, dan gaya belajar anak, aktivitas pembelajaran mengaplikasikan aspek kemampuan berbahasa, teknologi elektronik sebagai media pembelajaran. Evaluasi pembelajaran, formatif evaluasi untuk satu pokok bahasan, sumatif dilaksanakan dalam bentuk UTS, UAS dan UKK, prosedur internal untuk formatif, eksternal untuk sumatif, perbaikan dan pengayaan setelah sumatif, hasil penilaian sebagai dokumen untuk siswa dan untuk sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan pembelajaran, materi pembelajaran, aktivitas pembelajaran, evaluasi pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Jan 2014 12:27
Last Modified: 27 Oct 2021 01:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27398

Actions (login required)

View Item View Item