Kontribusi Kebiasaan Belajar, Motivasi Berprestasi Dan Kreativitas Belajar Terhadap Mutu Lulusan Siswa Di SMAN 1 Gemuh Kabupaten Kendal

Hartuti, Hartuti and , Dr. Eko Supriyanto and , Dr. Suyatmini, M.Si (2013) Kontribusi Kebiasaan Belajar, Motivasi Berprestasi Dan Kreativitas Belajar Terhadap Mutu Lulusan Siswa Di SMAN 1 Gemuh Kabupaten Kendal. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (194kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kontribusi kebiasaan belajar terhadap mutu lulusan siswa di SMAN 1 Gemuh Kabupaten Kendal. (2) kontribusi motivasi berprestasi terhadap mutu lulusan siswa di SMAN 1 Gemuh Kabupaten Kendal. (3) kontribusi Kreativitas Belajar terhadap mutu lulusan siswa di SMAN 1 Gemuh Kabupaten Kendal. (3) kontribusi kebiasaan belajar, motivasi berprestasi, dan kreativitas belajar secara bersama-sama terhadap mutu lulusan siswa Di SMAN 1 Gemuh Kabupaten Kendal. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek utama penelitian adalah siswa SMAN 1 Gemuh Kabupaten Kendal. Teknik analisis data dilakukan dengan Regresi Berganda, Uji Ketepatan Parameter Penduga (uji ” t ”), Uji Ketepatan Model (Uji “ F “), Koefisien Determinan (R2), Sumbangan Prediktor, Uji Asumsi Klasik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat kontribusi positif dan signifikan kebiasaan belajar terhadap mutu lulusan siswa di SMAN 1 Gemuh Kabupaten Kendal, sehingga hipotesis penelitian diterima, dengan nilai t sebesar 8,338 dan p < 0,05. Besarnya sumbangan efektif kebiasaan belajar terhadap mutu lulusan adalah 24,9%. Artinya bahwa jika siswa mempunyai kebiasaan belajar yang baik akan meningkatkan mutu lulusan siswa di SMAN 1 Gemuh Kabupaten Kendal. (2) Terdapat kontribusi positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap mutu lulusan siswa di SMAN 1 Gemuh Kabupaten Kendal, sehingga hipotesis penelitian diterima, dengan nilai t sebesar 9,447 dan p < 0,05. Besarnya sumbangan efektif motivasi berprestasi terhadap mutu lulusan adalah 40,6%. Artinya bahwa jika siswa mempunyai motivasi berprestasi yang tinggi akan meningkatkan mutu lulusan siswa di SMAN 1 Gemuh Kabupaten Kendal. (3) Terdapat kontribusi positif dan signifikan kreativitas belajar terhadap mutu lulusan siswa di SMAN 1 Gemuh Kabupaten Kendal, sehingga hipotesis penelitian diterima, dengan nilai t sebesar 4,029 dan p < 0,05. Besarnya sumbangan efektif kreativitas belajar terhadap mutu lulusan adalah 19,9%. Artinya bahwa jika siswa mempunyai kreativitas belajar yang tinggi akan meningkatkan mutu lulusan siswa di SMAN 1 Gemuh Kabupaten Kendal. (4) Terdapat kontribusi positif dan signifikan kebiasaan belajar, motivasi berprestasi, dan kreativitas belajar secara bersama-sama terhadap mutu lulusan siswa di SMAN 1 Gemuh Kabupaten Kendal, sehingga hipotesis penelitian diterima, dengan nilai F sebesar 153,069 dengan p < 0,05. Besarnya sumbangan efektif ketiga variabel bebas terhadap mutu lulusan adalah 84,4% dan berarti 15,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain selainketiga variabel bebas tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Belajar, Motivasi Berprestasi, Kreativitas Belajar, Mutu Lulusan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Jan 2014 12:02
Last Modified: 26 Oct 2021 04:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27394

Actions (login required)

View Item View Item