Pengelolaan Kegiatan Bimbingan Dan Konseling Untuk Pembentukan Karakter Siswa (Studi Kasus di SDN 2 Rowosari Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal)

SILITONGA , ANITA SHINTAULI (2013) Pengelolaan Kegiatan Bimbingan Dan Konseling Untuk Pembentukan Karakter Siswa (Studi Kasus di SDN 2 Rowosari Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (344kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (228kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Perencanaan kegiatan bimbingan konseling bagi pembentukan karakter siswa di SDN 2 Rowosari Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal. (2) Pelaksanaan kegiatan bimbingan konseling bagi pembentukan karakter siswa di SDN 2 Rowosari Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal. (3) Evaluasi kegiatan bimbingan konseling bagi pembentukan karakter siswa di SDN 2 Rowosari Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SDN 2 Rowosari Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal. Subjek utama dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi credibility, transferability, dependability, dan confermability . Hasil dari penelitian ini (1) Dalam kegiatan bimbingan konseling diawali dengan kegiatan perencanaan. Kegiatan perencanaan bimbingan konseling dilakukan oleh kepala sekolah, guru kelas dan guru bidang studi. Dalam perencanaan juga membahas tentang tujuan kegiatan bimbingan konseling di sekolah yaitu untuk pembentukan karakter siswa. Tujuan program bimbingan konseling adalah pengembangan diri siswa melalui penanaman 18 nilai-nilai karakter melalui 4 bidang yaitu pribadi, sosial, belajar dan karier. Dalam perencanaan juga membahas tentang materi, metode dan sarana yang akan digunakan dalam kegitan bimbingan konseling. (2) Pelaksanaan kegiatan bimbingan konseling untuk pembentukan karakter siswa mengacu pada program pengembangan diri yang diintegrasikan dalam mata pelajaran sehingga pelaksananya menjadi tanggung jawab dari guru kelas dan guru bidang studi. Penanaman 18 nilai-nilai karakter yang diberikan pada siswa disisipkan pada materi yang diberikan pada siswa. yang mencakup 4 bidang yaitu pribadi, sosial, belajar dan karier, namun yang paling menonjol adalah sosial dan pribadi. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan bimbingan konseling untuk pembentukan karakter siswa adalah metode direktif. (3)Tujuan dilaksanakannya kegiatan evaluasi bimbingan konseling adalah untuk mengetahui apakah para siswa sudah memiliki karakter yang selama ini diberikan oleh guru atau belum. Evaluasi dalam kegiatan bimbingan konseling terdiri dari dua jenis penilaian yaitu penilaian hasil dan penilain proses. Pelaksanaan evaluasi bimbingan konseling dapat dilakukan dalam bentuk non test yaitu melalui observasi atau pemantauan dari karakteristik siswa. Keberhasilan kualitas kemajuan kegiatan bimbingan konseling dinilai dari pencerminan 18 nilai-nilai karakter yang ditujukkan oleh siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling, Pembentukan Karakter, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 15 Jan 2014 11:59
Last Modified: 15 Jan 2014 13:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27392

Actions (login required)

View Item View Item