Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Aliyah ( Studi Situs di MA Negeri Wonogiri )

MAHBUB, Ali and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko and , Drs. Maryadi, M.A. (2013) Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Aliyah ( Studi Situs di MA Negeri Wonogiri ). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01_HAL_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
08_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan manajemen kurikulum dan pembelajaran pendidikan kewarganegraan di MA Negeri Wonogiri. Yang terdiri dari tiga sub fokus yaitu (1).bagaimana penyiapan kurikulum PKn di MA Negeri Wonogiri? (2). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PKn pada siswa MA Negeri Wonogiri? (3). Bagaimana evaluasi kurikulum PKn di MA Negeri Wonogiri? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Subyek utama penelitian ini adalah kepala MA Negeri Wonogiri, Guru-guru PKn dan Siswa MA Negeri Wonogiri. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data diawali dari (1) pengumpulan data, (2)reduksi data, (3) display data, (4)penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, transfermabilitas, konfirmabilitas, dan dependabilitas. Hasil penelitian ini adalah (1 ). Guru-guru PKn menyiapkan kurikulum PKn yang di dalamnya ada pembuatan prota, pormes, silabus, RPP dan KKM, (2). Pembelajaran PKn mempunyai tujuan pembelajaran untuk : membentuk sikap atau karakter peserta didik yang mulia, membentuk warga masyarakat yang taat pada hukum, membentuk jiwa nasiolisme yang tinggi, metode pembeajarn PKn para guru lebih dominan menggunkan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, media yang digunakan para guru PKn adalah laptop, LCD untuk membantu menjelaskan materi PKn, evaluasi yang digunakan oleh guru adalah pre test dan post tes di setiap pembelajaran berlangsung, ulangan harian, formatif dan sumatif. (3). Evaluasi kurikulum PKn belum terlaksana secara maksimal

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Management, Curriculum, Learning PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 08 Feb 2014 06:37
Last Modified: 26 Oct 2021 03:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27377

Actions (login required)

View Item View Item