Pengaruh Cost dan Reward Terhadap Keberlangsungan Hubungan Interpersonal di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS Angkatan 2009 Tahun 2013

Puspitasari, Yessy Dardiana (2013) Pengaruh Cost dan Reward Terhadap Keberlangsungan Hubungan Interpersonal di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS Angkatan 2009 Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._halaman_depan.pdf

Download (795kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (322kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (697kB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang adanya pengaruh cost dan reward terhadap keberlangsungan hubungan interpersonal di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS Angkatan 2009 tahun 2013. Penelitian yang mencari pengaruh yang muncul karena adanya cost dan reward yang diteliti menggunakan metode survey eksplanatif dikaji melalui teori Pertukaran Sosial yang dikemukakan oleh John Thibaut dan Harold Kelley. Teori tersebut menjelaskan tentang asumsi manusia bahwa dalam sebuah hubungan akan ada keinginan untuk mendapatkan banyak penghargaan dan relatif menghindari hukuman. Manusia akan tetap tinggal dalam hubungan interpersonal tersebut jika cost dan reward yang diterimanya cukup memuaskan (West dan Turner, 2008: 217). Hasil dari penelitian ini adalah bahwa adanya pengaruh cost dan reward terhadap keberlangsungan hubungan interpersonal di kalangan mahasiswa Komunikasi UMS Angkatan 2009 tahun 2013. Cost maupun reward secara terpisah ataupun secara bersama-sama mampu secara signifikan mempengaruhi keberlangsungan hubungan interpersonal. Cost dan reward saling mempengaruhi sedangkan keberlangsungan hubungan interpersonal dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu jangka waktu lamanya hubungan dan masalah yang muncul di dalam hubungan interpersonal. Jangka waktu lamanya hubungan akan mempengaruhi individu dalam menyelesaikan masalah yang sedang melanda hubungannya. Hal tersebut akan memasuki tahapan evaluasi, yaitu level perbandingan dan level perbandingan alternatif dimana individu akan menentukan keberlanjutan hubungan interpersonal kedepannya. Keberlanjutan hubungan kedepannya juga tidak lepas oleh jenis kekuasaan, yaitu pengendalian nasib dan pengendalian perilaku.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cost, reward, hubungan interpersonal, pertukaran sosial.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Jan 2014 12:24
Last Modified: 10 Jan 2014 13:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27364

Actions (login required)

View Item View Item