Komunikasi Antarpribadi Dalam Jejaring Sosial (Studi Analisis Isi Tanggapan Terhadap Status Keluhan Dalam Grup Facebook “Peduli Leukimia”)

Utami, Wahyu and , Dian Purworini, S. Sos. MM and , Palupi, M.A (2013) Komunikasi Antarpribadi Dalam Jejaring Sosial (Studi Analisis Isi Tanggapan Terhadap Status Keluhan Dalam Grup Facebook “Peduli Leukimia”). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (900kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (465kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Facebook merupakan salah satu situs jejaring sosial yang telah banyak melahirkan komunitas virtual. Grup Peduli Leukimia merupakan salah satu contoh komunitas virtual yang ada. Grup ini adalah grup kelompok dukungan medis untuk penderita kanker. Grup digunakan untuk bisa saling berbagi informasi, berinteraksi dan berkomunikasi. Melalui komunikasi maya dengan anggota komunitas, para penderita berharap bisa mendapatkan dukungan dan saling tolong menolong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan tanggapan serta frekuensi pemberian tanggapan yang diberikan dalam grup Facebook Peduli Leukimia. Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan analisis isi terhadap tanggapan pada posting-an status keluhan di grup Facebook Peduli Leukimia bulan Juni 2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik systematic random sampling yaitu memilih pengambilan sampel secara sistematik dengan interval dua hari. Sementara validitas data diuji melalui teknik dua pengkoding dan analisa data menggunakan data frekuensi dan persentase tanggapan yang diberikan. Dari hasil analisis data diperoleh hasil bahwa kecenderungan tanggapan yang diberikan dalam grup Peduli Leukimia adalah tanggapan suportif dengan persentase sebesar 27,8%. Sedangkan untuk persentase masing-masing kategori adalah evaluatif sebesar 9,5%, interpretatif sebesar 11,9%, suportif sebesar 27,8%, menyelidik sebesar 13,5%, memahami sebesar 12,7%, dan kombinasi 24,6%. Dilihat dari usia grup yang berdiri sudah cukup lama serta dalam komunikasi yang terjalin tercipta hubungan interpersonal yang baik di antara para anggota, menunjukkan bahwa mereka menemukan apa yang mereka cari dari grup dan mereka merasa nyaman berada dalam grup tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Antarpribadi, Jejaring Sosial.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 10 Jan 2014 12:16
Last Modified: 22 Oct 2021 03:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27362

Actions (login required)

View Item View Item