Pengaruh Pembelajaran E-Learning Terhadap Perilaku Penggunaan Internet Pada Remaja (Studi Korelasi Antara Penggunaan Pembelejaran E-learning Terhadap Perilaku Penggunaan Internet Siswa SMA Negeri 3 Sukoharjo)

Pradita, Niken Dina and , Rinasari Kusuma, M.I.Kom (2013) Pengaruh Pembelajaran E-Learning Terhadap Perilaku Penggunaan Internet Pada Remaja (Studi Korelasi Antara Penggunaan Pembelejaran E-learning Terhadap Perilaku Penggunaan Internet Siswa SMA Negeri 3 Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (178kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (246kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (245kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)

Abstract

Remaja fase adolencence rentan usia 16 sampai 20 tahun yang merupakan masa peralihan dari masa anak-anak menuju dewasa. Pada masa ini remaja merasa ingin mencoba hal-hal yang baru dan mudah terpengaruh teman sebayanya. Remaja dalam penggunaan internet juga mudah terpengaruh dari teman sebaya,mereka belum mampu menyaring hal yang buruk dan hal yang baik. Apalagi remaja sekarang ini mendapat tuntutan dari sekolah untuk mencari bahan pembelajaran maupun bahan tugas melaui internet atau yang disebut pembelajaran e-learning. Selain penggunaan pemeblajaran e-learning, penggunaan media lain sebagai media pembelajaran juga masih digunakan. Melihat fenomena ini mendorong peneliti untuk mengetahui adakah hubungan pembelajaran e-learning terhadap perilaku penggunaan internet pada siswa SMA Negeri 3 Sukoharjo. Metode yang dalam penelitian ini adalah metode survei, yaitu penelitiaan yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif, dimana peneliti menghubungkan atau mencari sebab akibat antara dua atau lebih konsep varibel. Teknik analisis untuk mencari koefisien antara data ordinal atau interval dan data ordinal lainnya digunakan alat ukur: Korelasi Rank-Order (Spearman’s Rho Rank Order Correlations). Hasil analisis korelasi Rank Spearman diperoleh nilai koefisien korelasi (rho) sebesar 0,873 (materi pembelajaran) dan 0,778 (bahan tugas sekolah) dengan signifikansi p<α (0,000<0,05) diterima pada taraf signifikansi 5%. Artinya semakin tinggi penggunaan internet untuk akses materi pembelajaran dan bahan tugas sekolah (pembelajaran e-learning) , maka semakin tinggi pula perilaku penggunaan internet.Untuk penggunaan medaia lain terdapat hubungan negatif yang signifikan antara penggunaan media lain dengan perilaku penggunaan internet. Nilai koefisien korelasi adalah sebesar negatif -0,698. Artinya semakin tinggi penggunaan media lain, maka semakin rendah perilaku siswa dalam menggunakan internet.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-learning, perilaku penggunggunaan internet, remaja
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Jan 2014 12:16
Last Modified: 22 Oct 2021 03:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27361

Actions (login required)

View Item View Item