Public Relations dan Identitas Perusahaan (Strategi Public Relations PT. Dirgantara Indonesia Dalam Membangun Identitas Perusahaan)

Cahyani, Yulia Nur and , Dian Purworini, S. Sos. MM and , Agus Triyono, S.Sos, M.Si (2013) Public Relations dan Identitas Perusahaan (Strategi Public Relations PT. Dirgantara Indonesia Dalam Membangun Identitas Perusahaan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (288kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Identitas merupakan jati diri suatu perusahaan, identitas berperan penting dalam membangun perusahaan kearah yang lebih baik. Membangun identitas tidak luput dari peran Public Relations. Strategi Public Relations untuk dalam membangun identitas sangat penting bagi masa depan perusahaan. PT. Dirgantara Indonesia adalah satu-satunya perusahaan di Asia Tenggara yang bergerak dalam bidang kedirgantaraan. PT. Dirgantara Indonesia pernah mengalami krisis yang cukup lama, dan krisis tersebut berdampak pada citra perusahaan yang semakin memburuk. Citra perusahaan yang buruk, membuat Public Relations PT. Dirgantara menyusun strategi untuk membangun kembali citra perusahaan perusahaan dengan memperbaiki identitas, sehingga citra perusahaan kembali membaik. Strategi yang dilakukan Public Relations PT. Dirgantara Indonesia dalam membangun identitas perusahaan yaitu: menggalang internal komunikasi dan eksternal komunikasi. Internal komunikasi dilakukan dengan cara komunikasi terhadap karyawan dan eksternal komunikasi dilakukan dengan cara komunikasi terhadap pihak-pihak terkait, seperti stakeholder, pemerintahan, kementrian, dan konsumen. Selain itu, ada strategi lain yang mendukung pembangunan identitas perusahaan, yaitu dalam hal pembaharuan dan konsisten terhadap visi, logo, interaksi dan audit perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif kualitaif. Subjek penelitian (untuk kualitaif) dari berbagai sumber informasi yang diperoleh sebagai data penelitian, yang bisa berupa informan, dokumen, dan aktivitas. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis Miles and Huberman. Strategi-strategi yang sekarang dilakukan Public Relations PT. Dirgantara Indonesia dalam membangun identitas mampu membuat perusahaan menjadi lebih maju. Hasil dari penelitian ini adalah PT. Dirgantara Indonesia yang dulu mengalami citra yang buruk akibat krisis, sekarang mampu memperbaiki citra, dengan strategi-strategi yang dilakukan Public Relations dalam membangun identitas perusahaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Public relations, Identitas perusahaan, PT. Dirgantara Indonesia
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Jan 2014 11:45
Last Modified: 22 Oct 2021 03:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27357

Actions (login required)

View Item View Item