Aktivitas Dan Kepuasan Pada Penggunaan Media Baru (Hubungan Antara Aktivitas Penggunaan Media Baru Solopos.Com Dan Interaksi Sosial Serta Penggunaan Media Lain Sebagai Media Informasi Dengan Tingkat Kepuasan Dikalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Ums Angkatan 2009)

Sari Y, Dwi Yunita and , M. Toharuddin, S.Pd., MA. and , Ika Damayanti, M.I.Kom (2013) Aktivitas Dan Kepuasan Pada Penggunaan Media Baru (Hubungan Antara Aktivitas Penggunaan Media Baru Solopos.Com Dan Interaksi Sosial Serta Penggunaan Media Lain Sebagai Media Informasi Dengan Tingkat Kepuasan Dikalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Ums Angkatan 2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (345kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (723kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (280kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (130kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)

Abstract

Dalam masyarakat yang semakin maju dan berkembang, informasi menjadi sangat penting. Setiap orang, badan dan organisasi berhak untuk memperoleh informasi untuk dapat berkembang dan berinteraksi dengan lingkungannya. Dengan pesatnya perkembangan informasi dan didukung kemajuan teknologi, kebutuhan informasi akan semakin mudah terpenuhi. Sementara itu saat ini internet telah berkembang seiringnya kemajuan jaman yang sudah sangat modern ini. Internet kini menjadi bagian yang tidak di pisahkan dalam perkembangan teknologi komunikasi. Banyak sekali media massa yang saat ini melucurkan versi online-nya seperti contohnya Solopos.com. Dalam perkembangannya Solopos.com merupakan portal berita sehari-hari yang mengupas berita-berita Solo Raya. yang meliputi katagori seni budaya, bisnis, pendidikan, olahraga, sosial, wisata dan gaya hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara aktivitas penggunaan media baru dengan tingkat kepuasaan dikalangan mahasiswa ilmu komunikasi UMS angkatan 2009 pada media baru Solopos.com serta apakah ada hubungan diantara keduanya yang dipengaruhi oleh adanya interaksi social dan penggunaan media lain sebagai variabel kontrol. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa teori sebagai penguat hasil penelitian. Salah satu teori yang digunakan adalah teori Uses and Gratification dimana teori ini berangkat dar riset pandangan bahwa komunikasi khususnya media massa tidak mempunyai kekuatan mempengaruhi khalayak. Inti teori Uses and Gratification adalah khalayak pada dasarnya menggunakan media massa berdasarkan motif – motif tertentu. Media dianggap berusaha memenuhi motif khalayak.Pada akhirnya, media yang mampu memenuhi kebutuhan khalayak disebut media yang efektif. Maka dari itu teori Uses and Gratification merupakan alat pengukur tingkat kepuasan khalayak terhadap media. Penelitian dilakukan di Fakultas Ilmu Komunikasi UMS dengan mahasiswa angkatan 2009 sebagai populasinya, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 59 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Analis data menggunakan teknik korelasi tata jenjang Kendall. Hasil dari penetian menunjukan bahwa: Terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas penggunaan media baru solopos.com sebagai media informasi dengan tingkat kepuasan penggunaan media yang dipengaruhi adanya interaksi social dan penggunaan media lain dikalangan mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2009 di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penggunaan media baru, interaksi social, media lain, kepuasaan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 10 Jan 2014 11:44
Last Modified: 26 Oct 2021 03:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27356

Actions (login required)

View Item View Item