Pengaruh Self Disclosure Anak Kepada Orang Tua dan Gaya Parenting Orang Tua Terhadap Kenakalan Anak di Sekolah (Studi Korelasi di Kelas XI SMAN 1 Plaosan, Kabupaten Magetan, Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013)

Pratikta, Nino and , Joko Sutarso, SE., M.Si. and , Ika Damayanti, M.I.Kom (2013) Pengaruh Self Disclosure Anak Kepada Orang Tua dan Gaya Parenting Orang Tua Terhadap Kenakalan Anak di Sekolah (Studi Korelasi di Kelas XI SMAN 1 Plaosan, Kabupaten Magetan, Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Keluarga merupakan agen sosialisasi tahap awal yang penting. Anak sangat tergantung pada orang tua dan apa yang terjadi antara orang tua dan anak pada tahap ini jarang diketahui orang luar. Agen sosialisasi tahap pertama ini pun terletak pada pentingnya berkomunikasi antara orang tua dengan anak. Penelitian ini akan mencari bagaimana hubungan antara self disclosure anak kepada orang tua dengan gaya parenting orang tua, terhadap kenakalan anak di sekolah. Untuk menganalisisnya digunakan studi korelasi yang dimana penelitian ini ingin membuktikan apakah ada hubungan yang signifikan antara variabel self disclosure anak kepada orang tua, variabel gaya parenting orang tua, dan variabel kenakalan anak di sekolah dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Selain itu untuk membuktikan hipotesa peneilitian menggunakan rumus Korelasi Parsial Product Moment. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara variabel self disclosure antara anak kepada orang tua dengan kenakalan anak di sekolah dengan perbandingan r hitung < r tabel = 0,008 < 0,2441. Tidak ada hubungan yang signifikan antara variabel gaya parenting orang tua dengan variabel kenakalan anak di sekolah dengan perbandingan r hitung < r tabel = -0,156 < 0,2441. Adanya hubungan yang signifikan antara variabel self disclosure anak kepada orang tua dengan variabel gaya parenting orang tua dengan perbandingan r hitung > r tabel = 0,277 > 0,2441. Selain itu, hubungan antara variabel self disclosure anak kepada orang tua dengan kenakalan anak di sekolah dengan memparsialkan variabel gaya parenting orang tua tidak ada hubungan yang signifikan dengan perbandingan t hitung < t tabel = 0,418 < 1,671. Dengan hasil perbandingan diatas dapat dikatakan bahwa hipotesa semakin tinggi self disclosure antara anak kepada orang tua dan diikuti semakin tingi gaya parenting orang tua, maka kenakalan anak di sekolah semakin rendah tidak terbukti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: self disclosure, gaya parenting, komunikasi antar pribadi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Jan 2014 10:56
Last Modified: 26 Oct 2021 03:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27352

Actions (login required)

View Item View Item