Studi Komunikasi Pemasaran Kerajinan Rotan Klaster Trangsan (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Klaster Rotan Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo

Rustanto, Rustanto and , Dian Purworini, S. Sos. MM and , Agus Triyono, S.Sos, M.Si (2013) Studi Komunikasi Pemasaran Kerajinan Rotan Klaster Trangsan (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Klaster Rotan Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (243kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (624kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (220kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Klaster rotan Desa Trangsan merupakan wadah berkumpulnya para UKM pengrajin rotan di Desa Trangsan. Klaster ini merupakan salah satu klaster terbesar di Indonesia dalam bidang industi rotan yang mampu menembus pasar ekspor . Melihat ketatnya persaingan dipasar internasional. Klaster Rotan Desa Trangsan melakukan berbagai kegiatan komunikasi pemasaran guna tetap bertahan dipersaingan pasar global. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Untuk pengelolaan data peneliti menggunakan metode analisis data open coding, axial coding dan selective coding. Teknik analisis data yang digunakan untuk melengkapi analisis data diatas adalah teknik analisis interaktif Miles dan Huberman, teknik analisis ini pada dasarnya mempunyai tiga komponen utama yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan serta pengajuan kesimpulan. Serta pembahasan dengan teori strategi komunikasi pemasaran yang dijabarkan peneliti. Penentuan informan dilakukan dengan melakukan Snowball Sampling yaitu mengimplikasikan jumlah sample secara berantai berangkat dari seorang informan untuk mengawali pengumpulan data Selanjutnya pada informan ini peneliti menanyakan lagi siapa yang layak untuk diwawancarai, dan begini seterusnya hingga peneliti merasa yakin bahwa data yang dibutuhkan sudah dirasa memadai. Menurut penelitian ini diketahui bahwa upaya komunikasi pemasaran yang dilaksanakan Klaster Rotan Desa Trangsan didasarkan pada promosi penjualan berupa mengikuti berbagai pameran yang sudah diagendakan. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan mulai dari penentuan produk, penentuan harga, pemilihan saluran distribusi, dan juga pemilihan promosi seperti beriklan, promosi penjualan, penjualan personal, dan publisitas telah memberikan hasil sesuai dengan apa yang menjadi tujuan dari Klaster rotan Desa Trangsan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Klaster, Komunikasi Pemasaran, Klaster Rotan Desa Trangsan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 09 Jan 2014 13:04
Last Modified: 26 Oct 2021 02:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27339

Actions (login required)

View Item View Item