Persepsi Calon Mahasiswa Baru Terhadap Pelayanan Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2013

Widayanti, Ita Sari and , M. Toharuddin, S.Pd., MA. and , Agus Triyono, S.Sos, M.Si (2013) Persepsi Calon Mahasiswa Baru Terhadap Pelayanan Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (334kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan_(Cover).pdf

Download (646kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (209kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam persaingan antara perguruan tinggi baik negri maupun swasta menuntut lembaga pendidikan lebih memperhatikan mutu pendidikan, kelembagaan khususnya pelayanan sehingga dapat mampu unggul dalam persaingan seperti halnya UMS sebagai perguruan tinggi yang mendapat peringkat ke-11 terbaik PTN dan PTS seIndonesia menurut lembaga webometrics. hal tersebut tidak terlepas dari peran serta berbagai pihak salah satunya yaitu panitia penerimaan mahasiswa baru yang bertugas memberikan pelayanan kepada calon mahasiswa pada saat proses berlangsungnya pelayanan. Persepsi dari responden (mahasiswa maupun calon mahasiswa) juga diperlukan karena dapat memperbaiki atau mempertahankan kualitas pelayanan yang telah ada tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kuantitatif dengan pendekatan survey. Jumlah responden yang dijadikan sampel berjumlah 99 orang hasil dari perhitungan rumus Yamane, sedangkan tekhnik sampel menggunakan Insidental sampling yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dan dipandang cocok sebagai sumber informasi atau sumber sampel. Variabel bebas nya terdiri dari tangibel (x1), reliability (x2), Responsiviness (x3), Assurance (x4), dan emphaty (x5). Sedangkan variabel terikatnya yaitu Persepsi calon mahasiswa baru (Y). Pengujian instrumen dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan pengujian asumsi klasik, serta metode analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji F, dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi calon mahasiswa baru terhadap pelayanan sangat positif atau baik ini dibuktikan dengan hasil perhitungan Regresi Linier Berganda yaitu nilai koefisien korelasi R = 0,828; Fregresi = 40,484; p = 0,000 (p < 0,05). Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan yang terdiri dari dimensi tangibel (berwujud), dimensi reliability (kehandalan), dimensi responsiviness (respon /tanggapan), dimensi assurance (jaminan), dimensi empathy (empati) dengan persepsi calon mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sedangkan hasil perhitungan nilai R Square atau koefisien determinan sebesar 0,668, hal ini menunjukkan bahwa variasi perubahan variabel persepsi calon mahasiswa baru dapat dijelaskan dimensi kualitas pelayanan sebesar 66,8%. Sedangkan sisanya sebesar 33,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diungkapkan dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Kualitas Pelayanan, Persepsi, Perilaku konsumen
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 09 Jan 2014 12:52
Last Modified: 26 Oct 2021 02:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27336

Actions (login required)

View Item View Item