Strategi Penyiaran Program Acara Semarakata Di Radio Swara Slenk FM 92,5 mhz (studi deskriptif kualitatif tentang strategi Penyiaran radio swara slenk fm dalam program acara semarakata terhadap minat dengar masyarakat kota Solo)

Wati, Tri Dewi Mei Ira and , Drs. Joko Sutarso, S.E, M.Si and , Budi Santoso, S.Sos, M.Si (2013) Strategi Penyiaran Program Acara Semarakata Di Radio Swara Slenk FM 92,5 mhz (studi deskriptif kualitatif tentang strategi Penyiaran radio swara slenk fm dalam program acara semarakata terhadap minat dengar masyarakat kota Solo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.PDF

Download (493kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.PDF

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (308kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Radio merupakan salah satu media massa yang berkaitan erat dengan kebutuhan masyarakat yang dapat memberikan berbagai macam informasi, hiburan, dan pendidikan. Didalam radio sangat diperhatikan bagaimana cara berkomunikasi terhadap masyarakat, maka setiap stasiun Radio meiliki strategi sendiri dalam menarik minta dengar masyarakat kota Solo. Swara Slenk FM merupakan Radio yang berfokus pada budaya, akan tetapi Swara Slenk juga memiliki salah satu program acara menarik yaitu program acara Semarakata. Acara semarakata merupakan acara yang dapat mudah kembali mengingat budaya, adat istiadat jawa Keraton Kasunanan Surakarta yang sangat melestarikan budaya dengan menggunakan bahasa yang laras dan leres sehingga sangat cocok ketika didengarkan, dan bahasa yang digunakan baik dan benar bukan asal-asalan berbahasa jawa saja. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi penyiaran Radio Swara Slenk FM dalam menarik minat pendengar Masyarakat Kota Solo. Jenis penelitian deskriptif kualitatif, sehingga penelitian ini hanya mendeskripsikan secara rinci dan mendalam mengenai potret kondisi tentang apa yang sebenarnya terjadi menurut apa adanya di lapangan studinya. Hasil penelitian ini menunjukan strategi penyiaran Radio Swara Slenk FM Program Acara Semarakata yaitu pemilihan tema dilakukan dengan memberikan kebebasan kepada program director dan narasumber untuk dapat mengembangkan tema yang ada atau ketentuan segmentasi menurut kreatifitasnya sendiri. Pesan yang terbentuk merupakan bagian dari adanya pembentukan nilai dalam tema tersebut. Pesan yang ada di sampaikan secara jelas sebagai sebuah tujuan akhir dalam Program Acara membangun masyarakat informatif bagi pendengarnya. Beragam informasi yang telah disajikan telah membentuk khalayak pendengar Radio Swara Slenk sebagai masyarakat yang memiliki wawasan budaya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Penyiaran, Program Acara dan Minat Pendengar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 09 Jan 2014 12:26
Last Modified: 26 Oct 2021 02:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27335

Actions (login required)

View Item View Item