Pola Komunikasi Orang Tua Terhadap Anak Penderita Autisme (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Antarpribadi Pada Anak Penderita Autisme di SDLBN Bangunharjo, Pulisen, Boyolali)

Rachmawati, Indria (2013) Pola Komunikasi Orang Tua Terhadap Anak Penderita Autisme (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Antarpribadi Pada Anak Penderita Autisme di SDLBN Bangunharjo, Pulisen, Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
8.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (143kB)

Abstract

Pola komunikasi merupakan bentuk atau hubungan antara dua orang atau lebih dalam proses menerimaan dan penyampaian suatu pesan. Komunikasi sendiri merupakan kebutuhan hidup manusia yang untuk menjaga atau membina hubungan dengan orang lain. Dalam berkomunikasi antara anak normal dengan anak yang memiliki gangguan pasti berbeda, seperti halnya berkomunikasi dengan anak normal bisa berjalan dengan lancar sejalan dengan pemikiran yang diharapkan, berbeda jika berkomunikasi dengan anak autis tidak dapat dipungkiri pasti mengalami kesulitan dalam memahaminya. Terbukti dengan adanya sebuah kenyataan seperti yang dialami oleh murid-murid SDLB Negeri Boyolali yang mengalami gangguan autisme bahwa mereka tidak bisa berkomunikasi atau berinteraksi dengan lancar, hal tersebut mempengaruhi kemampuan dalam bersosialisasi sehari-hari dengan lingkungan sekitar. Maka dari itu, butuh dorongan khususnya dari orangtua untuk membantu perkembangan anak dalam berinteraksi. Dalam perkembangan anak autis itu sendiri sangat dipengaruhi bagaimana pola komunikasi yang dilakukan oleh orangtua. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan mengambil subjek yang terfokus kepada orangtua SDLB Negeri Boyolali yang memiliki anak penderita autisme. Objek penelitian ini adalah tentang bagaimana penerapan pola komunikasi orangtua SDLB Negeri Boyolali terhadap anak penderita autisme. Pengumpulan data dilakukan dengan metode FGD (focus group discussion), wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi yang terjadi antara orangtua SDLB Negeri Boyolali terhadap anak penderita autisme yaitu terdapat dua macam pola komunikasi : pola komunikasi yang pertama merupakan pola komunikasi otoriter, dimana pola komunikasi otoriter ini cenderung bersifat keras dan menuntut. Selanjutnya adalah pola komunikasi demokratis, pola komunikasi yang bersifat lebih terbuka antara orangtua dan anak, dimana orangtua dan anak membuat semacam aturan-aturan yang disepakati bersama

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Orangtua, Anak Autis
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 09 Jan 2014 11:58
Last Modified: 01 Mar 2014 08:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27331

Actions (login required)

View Item View Item