Pengaruh Tayangan “Stand Up Comedy” Terhadap Wawasan Mahasiswa Mengenai Masalah Sosial (Studi Eksperimen Tentang Pengaruh Tayangan “Stand Up Comedy Show” Di Metro Tv Terhadap Wawasan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS Angkatan 2008 Mengenai Masalah Sosial)

Purnomo, Adik Triwulan and , Dian Purworini, S. Sos. MM and , Ika Damayanti, M.I.Kom (2013) Pengaruh Tayangan “Stand Up Comedy” Terhadap Wawasan Mahasiswa Mengenai Masalah Sosial (Studi Eksperimen Tentang Pengaruh Tayangan “Stand Up Comedy Show” Di Metro Tv Terhadap Wawasan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS Angkatan 2008 Mengenai Masalah Sosial). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (502kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAb I)
04._BAB_I_.pdf

Download (459kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)

Abstract

Stand Up Comedy Show di Metro TV merupakan sebuah acara televisi yang cukup digemari masyarakat saat ini khususnya mahasiswa. Sebuah acara komedi tunggal yang sering membahas masalah-masalah sosial ini, dapat dijadikan sumber referensi bagi mahasiswa untuk mengetahui masalah sosial yang sering terjadi di sekitar sekaligus mengkritiknya dengan sudut pandang yang sedikit berbeda dari media massa pada umumnya. Peneliti memilih acara Stand Up Comedy Show untuk diteliti, karena acara Stand Up Comedy Show merupakan acara komedi pintar yang gemar membahas masalah sosial dan sangat kritis dalam menanggapinya. Berdasarkan hal yersebut, maka acara Stand Up Comedy Show merupakan acara yang sangat layak untuk ditonton, karena dengan menonton acara tersebut, mahasiswa dapat menambah wawasan mereka, yang mana nantinya wawasan tersebut dapat dijadikan sebagai bekal mereka dalam menanggapi masalah-masalah sosial yang terjadi di sekitar mereka. Dalam penelitian ini, peneliti akan membandingkan apakah ada pengaruh dari tayangan Stand Up Comedy Show dan wawasan mengenai masalah sosial antara mahasiswa yang menonton acara tersebut dan yang tidak. Untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat wawasan mengenai masalah sosial antara mahasiswa yang menonton tayangan Stand Up Comedy Show dan yang tidak, maka digunakanlah analisis studi Eksperimen Post Test-Only Control Design, yang mana dalam model ini menggunakan kuesioner sebagai alat ukur, dan membagi kelompok menjadi dua yaitu kelompok eksperimen yang diberikan stimulus berupa tayangan Stand Up Comedy dan kelompok kontrol (tidak diberi stimulus). Dari hasil analisis, diperoleh kesimpulan bahwa kelompok eksperimen mempunyai tingkat wawasan akan masalah sosial yang tinggi sedangkan kelompok kontrol cenderung rendah, dari hasil tersebut membuktikan bahwa tayangan Stand Up Comedy memang mempunyai pengaruh dalam menambah wawasan seseorang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tayangan Stand Up Comedy Show, Metro TV , Studi Eksperimen.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Jan 2014 08:10
Last Modified: 26 Oct 2021 01:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27327

Actions (login required)

View Item View Item