PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DAN SOLUSINYA (Studi Kasus di Kelas XII SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2006/2007)

AL RASYID, HARUN (2008) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DAN SOLUSINYA (Studi Kasus di Kelas XII SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2006/2007). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000060117.pdf

Download (269kB)
[img] PDF
G000060117.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)

Abstract

Kata kunci: problematika pembelajaran BTA Agar lebih dapat memahami ajaran Islam, maka setiap muslim hendaknya mampu mempelajari dan menguasai dasar-dasar yang menjadi landasan pokok dari ajaran tersebut, yaitu Al-Qur`an dan Hadits. Mempelajari dan memahami Al-Qur`an tidak hanya terbatas dipelajari di TPA dan pondok pesantren saja, tetapi di sekolah pun juga dituntut untuk dapat membaca Al-Qur`an dengan fasih, lancar dan benar sesuai dengan kaidah-kaidahnya. Permasalahan skripsi ini adalah faktor apa yang menjadi problematika dalam pembelajaran BTA pada siswa XII SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo? Skripsi ini bertujuan untuk mengungkap faktor-faktor yang menjadi problematika dalam pembelajaran BTA dan mencari solusinya. Metodologi penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif, populasi yang dipilih adalah seluruh siswa kelas XII, data dianalisis dengan metode deduktif. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasin interview dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penbelajaran BTA pada dasarnya telah berlangsung dengan baik namun problematika atau hambatan masih ada, sehingga keberhasilan dalam pembelajaran belum optimal disamping ada hal-hal yang dapatmendukungproses berlangsungnya pembelajaran tersebut. Problematika utama dalam pembelajaran BTA adalah terletak pada alokasi waktu jam mengajar yang kurang memadai. Dari berbagai analisis ternyata dari permasalahan tersebut ada celah sebagai solusinya dan masih terbuka luas dalam pemecahannya. Kunci keberhasilan pada hakekatnya terletak pada kemauan yang tinggi, kesungguhan dan komitmen seluruh komponen pendidikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: problematika pembelajaran BTA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 16 Jun 2009 03:36
Last Modified: 28 Oct 2011 04:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2732

Actions (login required)

View Item View Item