Studi Tingkat Kepuasan Penggunaan Situs Pasoepati.net di Kalangan Suporter Sepak Bola (Pasoepati) di Kota Surakarta

Prasetyo, Adita Giri and , Fajar Junaedi, S.Sos.,M.Si and , Agus Triyono, S.Sos, M.Si (2013) Studi Tingkat Kepuasan Penggunaan Situs Pasoepati.net di Kalangan Suporter Sepak Bola (Pasoepati) di Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (475kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (823kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (235kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tingkat kepuasan suatu khalayak saat sekarang ini dapat diukur dengan menggunakan teknologi media baru atau media internet. Kemunculan internet sebagai media baru dan media sosial sangat berpengaruh bagi khalayak khususnya pecinta sepak bola terutama suporter sepak bola (pasoepati) dibidang media massa. Suatu media dianggap berusaha untuk memenuhi kebutuhan khalayak. Jika kebutuhan terpenuhi, kepuasan dalam menggunakan media dapat terpenuhi sehingga media yang mampu memenuhi kebutuhan khalayak disebut media efektif. Namun konsep dasar teori ini menganggap bahwa khalayaklah yang dianggap aktif dalam menggunakan media. Salah satu situs media online yang bergerak dibidang olah raga khususnya sepak bola yaitu pasoepati.net. Situs ini adalah situs yang mengupas tentang klub sepak bola di Kota Surakarta yaitu persis Solo dan suporternya yaitu pasoepati. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications salah satu jenis penelitian kuantitatif, inti dari teori Uses and Gratifications yaitu khalayak menggunakan media massa berdasarkan motif- motif tertentu. Metode penelitian ini adalah metode penelitian survai dengan responden 100 orang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan dan apakah terdapat kesejangan kepuasan khalayak sebelum dan sesudah mengakses situs tersebut. Dan analisa datanya menggunakan Analisis Discrepancy. Setelah melakuka analisis data tabulasi silang dan Analisis Discrepancy, maka akan diketahui apakah penelitian ini menunjukan kesenjangan kepuasan didalam media situs web tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesenjangan kepuasan media ini terdapat didalam kategori sedang, dikarenakan tingkat pemenuhan kepuasan media ini tergolong tinggi atau hampir semua jenis- jenis kebutuhan dari situs web pasoepati.net ini dapat dipenuhi dan tidak ada jenis- jenis kebutuhan dari situs web pasoepati.net yang tidak dapat dipenuhi. Dalam penelitian ini penggunaan media (Media Use) tidak mempengaruhi hasil kepuasan seseorang dalam mengkonsumsi suatu media.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepuasan, Kesenjangan Kepuasan, Pasoepati.net.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 08 Jan 2014 12:28
Last Modified: 23 Oct 2021 06:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27316

Actions (login required)

View Item View Item