Pembentukan Citra Taman Balekambang Surakarta Sebagai Taman Seni Dan Budaya (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Pembentukan Citra Taman Balekambang Surakarta Sebagai Taman Seni Dan Budaya Melalui UPTD) Balekambang)

Susilo, Agung and , Drs. Joko Sutarso, S.E, M.Si and , Agus Triyono, S.Sos, M.Si (2013) Pembentukan Citra Taman Balekambang Surakarta Sebagai Taman Seni Dan Budaya (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Pembentukan Citra Taman Balekambang Surakarta Sebagai Taman Seni Dan Budaya Melalui UPTD) Balekambang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (331kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (584kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (299kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dengan judul Pembentukan Citra Taman Balekambang Surakarta Melalui Aktivitas Seni dan Budaya adalah penelitian yang membahas tentang berbagai event seni dan budaya yang diselenggarakan di obyek wisata Taman Balekambang dan upaya Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Taman Balekambang Surakarta selaku pengelola kawasan wisata tersebut menjadikannya sebagai ruang publik (public area) yang difungsikan sebagai taman seni dan budaya dengan menyelenggarakan berbagai aktivitas kesenian dan event budaya. Alasan peneliti memilih tema ini karena adanya kaitan yang erat antara keberadaan Taman Balekambang Surakarta melalui berbagai aktivitas seni dan budaya yang diselenggarakan sehingga menjadikan kawasan tersebut sebagai taman seni dan budaya dan membentuk citra yang positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pembentukan citra Taman Balekambang Surakarta melalui aktivitas seni dan budaya Selain itu, peneliti juga menjabarkan berbagai kegiatan yang diselenggarakan. Adapun lokasi penelitian ini dilakukan di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Taman Balekambang Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan menggambarkan bagaimana upaya pembentukan citra Taman Balekambang Surakarta melalui aktivitas seni dan budaya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Taman Balekambang Surakarta. Peneliti mendapatkan data tentang obyek wisata dan berbagai aktivitas yang diselenggarakan dari hasil wawancara, data-data tertulis dan observasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode analisis data Miles Huberman, yaitu melalui proses reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah snowball sampling. Adapun informannya tersebut yaitu Kepala UPTD, Staf Jabatan Fungsional UPTD, Staf Sub Bagian Tata Usaha UPTD, dan 3 orang pengunjung Taman Balekambang Surakarta. Hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa aktivitas seni dan budaya sangat membentuk citra dari Taman Balekambang. Berbagai kegiatan yang diselenggarakan menciptakan persepsi dan tanggapan yang baik dibenak masyarakat tentang kondisi Taman Balekambang. Citra positif yang terbentuk tersebut membuktikan bahwa berbagai aktivitas seni dan budaya yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Taman Balekambang Surakarta memberikan dampak yang positif terhadap kondisi obyek wisata Taman Balekambang Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: event, aktivitas kesenian, citra
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 08 Jan 2014 11:57
Last Modified: 23 Oct 2021 06:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27305

Actions (login required)

View Item View Item