Keefektifan Ketebalan Karbon Aktif Sebagai Media Filter Terhadap Penurunan Kadar Besi (Fe) Air Sumur di Dukuh Pabelan RT 01 RW 02 Pabelan Kartasura Sukoharjo

Yevitasari, Dwi Chandra and , Sri Darnoto S.KM M.PH and , Tri Puji Kurniawan, SKM, M. Kes (2013) Keefektifan Ketebalan Karbon Aktif Sebagai Media Filter Terhadap Penurunan Kadar Besi (Fe) Air Sumur di Dukuh Pabelan RT 01 RW 02 Pabelan Kartasura Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
12._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_COVER.pdf

Download (814kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Bab VI)
8._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan survey awal pada air sumur di Dukuh Pabelan, diketahui kadar Fe sebesar 2,27 mg/l (diatas nilai ambang batas 0,3 mg/l). Kadar Fe yang melebihi standar baku mutu ini dapat menimbulkan masalah kesehatan dan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan ketebalan karbon aktif sebagai media filter terhadap penurunan kadar Fe air sumur di Dukuh Pabelan RT 01 RW 02 Desa Pabelan Kartasura Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian pretest-postest dengan kelompok kontrol. Ketebalan media yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 60 cm, 70 cm dan 80 cm. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh sumur gali di Dukuh Pabelan RT 01 RW 02 Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Sukoharjo. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 84 liter, setiap perlakuan membutuhkan 7 liter dengan 3 kali pengulangan. Hasil uji Kruskal-Willis menunjukkan ada perbedaan berbagai ketebalan karbon aktif sebagai media filter terhadap penurunan kadar Fe air sumur. Dari hasil pemeriksaan kadar Fe sebelum melewati proses filtrasi yaitu 2,15 mg/l, sedangkan kadar Fe yang telah melewati proses filtrasi pada ketebalan 60 cm adalah 0,27 mg/l dengan tingkat keefektifan 87,28%, ketebalan 70 cm adalah 0,22 mg/l tingkat keefektifan 89,91% dan pada ketebalan 80 cm adalah 0,17 mg/l tingkat keefektifan 92,02%. Kadar Fe yang telah melewati proses filtrasi sudah berada dibawah baku mutu. Ketebalan media karbon aktif sebagai media filter yang paling efektif terhadap penurunan kadar Fe adalah pada ketebalan 80 cm yaitu sebesar 92,02%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Air sumur, arang aktif, ketebalan media, kadar Fe
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2014 06:35
Last Modified: 02 Nov 2021 12:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27294

Actions (login required)

View Item View Item