MODEL DAN METODE PENDIDIKAN MORAL AKADEMIK MAHASISWA DI PROGRAM STUDI TARBIYAH FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2008-2009

Al Kautsar, Al Kautsar (2008) MODEL DAN METODE PENDIDIKAN MORAL AKADEMIK MAHASISWA DI PROGRAM STUDI TARBIYAH FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2008-2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000060105.pdf

Download (103kB)
[img] PDF
G000060105.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan sebuah proses yang saling berkesinambungan, terdiri dari beberapa factor yang saling mendukung antara satu dengan yang lainnya. Guru sebagai sumber dan media belajar merupakan sebuah factor yang berperan sangat besar dalam keberhasilan sebuah proses belajar mengajar. Guru tidak hanya dituntut menguasai materi pendidikan dan kemampuan dalam penyampaian namun lebih jauh dari itu guru dituntut bisa menjadi teladan dalam sikap dan tinkah lakunya. Universitas sebagai lembaga pencetak generasi masa depan dituntut menghasilkan lulusan yang tidak hanya menguasai materi namun juga menanamkan sikap dan moral. Mahasiswa sebagai akademisi dan cikal bakalpenerus bangsa dengan berabagai latar belakang social, budaya, ekonomi, dan politik merupakan sebuah komunitas yang pelik, situasi ini memberikan tantangan bagi universitas dalam melaksanakan pendidikan moral akademik. Dengan pendidikan moral akademik yang maksimal diharapkan mahasiswa tidak hanya mempunyai bekal materi namun juga memiliki moral atau ahlaq yang sesuai dengan profesinya. Adapun permasahan yang akan diteliti meliputi model dan metode pendidikan moral akademik mahasiswa di Program Studi Tarbiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengetahui model dan metode pendidian moral akademik yang diterapkan Program Studi Tarbiyah FAI UMS dalam mendidik moral akademik mahasiswanya. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis data. Adapun analisis datanya menggunakan analisis kualitatif dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: Pertama, model pendidikan moral akademik yang diterapkan oleh Program Studi Tarbiyah FAI UMS adalah dengan model gabungan dari model sebagai mata pelajaran tersendiri, model terintegrasi dalam setiap mata pelajaran dan model diluar pelajaran, Kedua metode pendidikannya adalah dengan metode demokratis, metode pencarian bersama, metode mahasiswa aktif, metode kateladanan, dan metode live in.Ketiga , model dan metode yang diterapkan oleh Program Studi Tarbiyah FAI UMS dalam mendidik moral akademik mahasiswanya telah sesuai dengan model metode pendidikan moral akademik yang telah dijabarkan pada bab II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode, Pendidikan Moral
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 16 Jun 2009 03:15
Last Modified: 14 Jun 2011 05:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2726

Actions (login required)

View Item View Item