Hubungan Kebiasaan Olahraga Terhadap Tekanan Darah Penderita Hipertensi Rawat Jalan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta

ISMANTO, IKSAN (2013) Hubungan Kebiasaan Olahraga Terhadap Tekanan Darah Penderita Hipertensi Rawat Jalan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (956kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
DAFTAR_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (975kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (404kB)

Abstract

Pendahulaun : Hipertensi dapat didefinisikan sebagai tekanan darah persisten dimana saat tekanan darah sistolik diatas 140 mmHg dan tekanan diastoliknya diatas 90 mmHg. Menurut data World Health Organization (WHO) tahun 2000, populasi dunia yang mengalami penyakit hipertensi yaitu 26,4% dengan perbandingan laki-laki dan perempuan yaitu sebesar 26,6% dan 26,1%. Faktor yang memicu terjadinya hipertensi yaitu faktor pemicu yang tidak dapat terkontrol (keturunan, umur, dan jenis kelamin), faktor pemicu yang dapat dikontrol (kegemukan, merokok, kurang olah raga, konsumsi alkohol, dan konsumsi garam berlebihan). Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan olahraga terhadap tekanan darah penderita hipertensi rawat jalan di rumah sakit PKU muhammadiyah Surakarta. Metode penelitian : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat observasional dengan pendekatan Cross Sectional. Kebiasaan olahraga diambil dengan mengukur frekuensi dan durasi olahraga serta tekanan darah diambil dari rekam medis pemeriksaan terakhir di RS. Uji hubungan menggunakan uji Rank Spearman. Hasil : Penelitian ini dilakukan pada 30 responden, berdasarkan karakteristik jenis kelamin responden yang terbanyak adalah berjenis kelamin perempuan yaitu sebesar 19 orang (64%) dengan pekerjaan rata-rata wiraswasta sebanyak 12 orang 40%, berpendidikan SMA sebanyak 11 orang (30%). Responden sebanyak 17 orang (56,7%) melakukan olahraga dan sebanyak 19 orang (63,3%) melakukan olahraga dengan frekuensi tidak baik dan 20 orang (66,7 %) melakukan olahraga dengan durasi tidak baik. Responden sebanyak 25 orang (83,3%) memiliki tekanan darah yang tidak terkendali. Kesimpulan : Tidak ada hubungan antara frekuensi olahraga dengan tekanan darah pada penderita hipertensi (p= 0,250). Tidak ada hubungan antara durasi olahraga dengan tekanan darah pada penderita hipertensi (p= 0,177). Saran : Perlunya dilakukan penelitian ulang tentang masalah yang sama dengan variabel lainnya dan ditempat yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: olahraga, hipertensi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 02 Jan 2014 12:11
Last Modified: 02 Jan 2014 14:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27256

Actions (login required)

View Item View Item