Perbedaan Pengrtahuan Sebelum dan Sesudah Diberi Penyuluhan Gizi Menggunakan Media Power Point di SD Negeri III Karangasem Surakarta

Prasetyo, Muhammad Sigit and , Dyah Intan Puspitasari, S.Gz., M.Nutr and , Ruli Sudaryanto, SST (2013) Perbedaan Pengrtahuan Sebelum dan Sesudah Diberi Penyuluhan Gizi Menggunakan Media Power Point di SD Negeri III Karangasem Surakarta. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naska_Publikasi_ilmiah.pdf

Download (293kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (892kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Lampran)
Lampiran_-_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendahulaun : Anak usia sekolah adalah investasi bangsa karena anak usia tersebut akan menjadi penerus bangsa. Pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal tergantung pemberian asupan gizi. Apabila asupan gizi tidak terpenuhi dengan sempurna maka akan mengakibatkan gangguan pada sistem tubuh anak. Anak Sekolah Dasar merupakan golongan yang rentan terhadap masalah kesehatan dan gizi misalnya anemia, defisiensi yodium, karies gigi, berat badan berlebih (obesitas), berat badan kurang, dan sebagainya. Hal ini dapat dicegah dan diperbaiki dengan pengetahuan gizi yang baik dan pola makan yang sehat. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui perbedaan pengetahuan siswa sekolah dasar tentang gizi sebelum dan sesudah diberi penyuluhan dengan media power point. Metode penelitian : Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design (eksperimen semu), dengan rancangan non equivalent control group design. Pengetatuan siswa diukur dengan menggunakan kuesioner gizi. Uji perbedaan menggunakan uji paired T-test. Hasil : Penelitian ini dilakukan pada 46 responden, berdasarkan karakteristik jenis kelamin responden yang terbanyak adalah berjenis kelamin laki-laki yaitu sebanyak 26 anak (56,52%), dan yang berjenis kelamin perempuan sebanyak 20 anak (43,47%). Sedangkan umur responden anak yang berusia 10 tahun sebanyak 21 anak (45,7%), umur 11 tahun sebanyak 22 anak (47,8%), sedangkan umur 12 tahun sebanyak 3 anak (6,5%). Kesimpulan :Perbedaan pengetahuan gizi diperoleh nilai (p=0,000) menunjukaan ada perbedaan pengetahuan gizi sebelum dan sesudah diberi penyuluhan tentang gizi seimbang dengan menggunakan media power point. Saran : Perlunya dilakukan penelitian ulang tentang masalah yang sama dengan variabel lainnya dan ditempat yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pengrtahuan gizi, penyuluhan dengan mdia power point Kepustakaan : 30 (1997-2012)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Jan 2014 11:47
Last Modified: 09 Sep 2022 06:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27250

Actions (login required)

View Item View Item