Pengaruh Perbandingan Tepung Terigu dan Tepung Pati Garut (Maranta Arundinacea L) pada Daya Kembang dan Daya Terima Donat

Apriyani, Denny Fitria and , Eni Purwani, S.Si., M.Si and , Fitriana Mustikaningrum, S.Gz, M.Sc (2013) Pengaruh Perbandingan Tepung Terigu dan Tepung Pati Garut (Maranta Arundinacea L) pada Daya Kembang dan Daya Terima Donat. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (200kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (553kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)

Abstract

Pendahuluan : Donat merupakan campuran tepung terigu, telur, margarin, ragi yang melalui proses pencampuran, fermentasi kemudian digoreng. Daya kembang adonan donat dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya bahan baku yang digunakan. Pemilihan perbandingan dengan tepung pati garut untuk mempertimbangkan kandungan gizi yang terkandung didalamnya yang baik untuk penderita diabetes yakni Indeks Glikemik (IG) yang rendah selain untuk alternatif sumber karbohidrat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perbandingan tepung pati garut pada daya kembang dan daya terima donat. Metode Penelitian : Jenis penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan blok lengkap 4 perlakuan dan 3 kali ulangan yaitu perbandingan 100:0 ; 85:15 ; 70:30 dan 55:45. Daya kembang dihitung dengan cara volume donat setelah digoreng dikurangi volume awal donat sebelum digoreng kemudian dibagi dengan volume awal donat sebelum digoreng dan dianalisis dengan uji Anova satu arah. Daya terima dianalisis dengan uji Friedman yang dilanjutkan uji LSD. Hasil Penelitian: Hasil pengukuran daya kembang pada donat perbandingan tepung pati garut, daya kembang tertinggi yakni pada donat dengan perbandingan tepung pati garut 85:15 sebesar 127,02%. Terdapat pengaruh daya kembang pada donat perbandingan tepung pati garut pada daya terima pada warna, aroma, tekstur pada rasa dan keseluruhan tidak ada pengaruh. Kesimpulan: Ada pengaruh perbandingan tepung terigu dan tepung pati garut pada daya kembang dan daya terima donat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: tepung pati garut, daya kembang donat, daya terima donat
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Jan 2014 08:35
Last Modified: 17 Sep 2022 04:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27244

Actions (login required)

View Item View Item