Pemanfaatan Tepung Kulit Singkong Sebagai Bahan Substitusi Pembuatan Mie Basah Ditinjau Dari Elastisitas dan Daya Terima

Mahanany, Destyna and , Pramudya Kurnia, STP., M.Agr and , Agung Setya Wardana, S.TP.,M.Si (2013) Pemanfaatan Tepung Kulit Singkong Sebagai Bahan Substitusi Pembuatan Mie Basah Ditinjau Dari Elastisitas dan Daya Terima. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (672kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (427kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (BAb III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)

Abstract

Kulit singkong dikenal dengan hasil limbah dari singkong atau ubi kayu yang telah dikupas. Kulit singkong dapat dimanfaatkan untuk bahan substitusi pada makanan olahan yang sebelumnya telah diproses menjadi tepung kulit singkong. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memanfaatkan limbah dari kulit singkong sebagai bahan substitusi dari mie basah ditinjau dari elastisitas dan daya terima panelis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap dengan tiga perlakuan 0%, 10%, dan 20%. Data hasil elastisitas dianalisis menggunakan uji statistik one way anova, sedangkan uji daya terima menggunakan uji anova dan kemudian dilanjutkan dengan uji LSD (Lest Significant Difference). Hasil uji Anova didapatkan nilai signifikansi warna p = 0,000 (p<0,05) artinya ada perbedaan substitusi tepung kulit singkong 0%, 10%, dan 20% terhadap daya terima warna mie basah. Sedangkan hasil Anova aroma p = 0,579 (p>0,05) artinya tidak ada perbedaan aroma terhadap substitusi tepung kulit singkong. Hasil Anova rasa p = 0,887 (p>0,05) artinya tidak ada perbedaan rasa terhadap mie basah kulit singkong. Sedangkan hasil Anova tekstur p = 0,026 (p<0,05) artinya ada perbedaan tekstur terhadap mie basah kulit singkong. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak ada perbedaan substitusi tepung kulit singkong 0%, 10%, dan 20% terhadap elastisitas mie basah karena nilai p>0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: elastisitas, daya terima, tepung kulit singkong
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 27 Dec 2013 13:11
Last Modified: 17 Sep 2022 04:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27237

Actions (login required)

View Item View Item