Perbedaan Penurunan Berat Badan Ibu Postpartum Antara Ibu yang Memberi Asi, Asi dan Susu Formula, Serta Susu Formula di Wilayah Kerja Puskesmas Kartasura Sukoharjo

Puspitaningrum, Yulvia and , Listyani Hidayati, M.Kes., and , Fitriana Mustikaningrum, S.Gz, M.Sc (2013) Perbedaan Penurunan Berat Badan Ibu Postpartum Antara Ibu yang Memberi Asi, Asi dan Susu Formula, Serta Susu Formula di Wilayah Kerja Puskesmas Kartasura Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (523kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (912kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)

Abstract

Latar Belakang : Persentase bayi yang mendapat ASI eksklusif di Indonesia masih rendah yaitu 15,3%. Hal demikian juga terjadi di Kabupaten Sukoharjo sebesar 33,4%. Pemberian ASI eksklusif berpengaruh terhadap penurunan berat badan ibu postpartum karena menyusui membutuhkan banyak energi sehingga membantu ibu menyusui kembali ke berat badan normal. Tujuan : Mengetahui perbedaan penurunan berat badan ibu postpartum yang memberikan ASI, ASI dan susu formula, serta susu formula di wilayah kerja Puskesmas Kartasura Sukoharjo. Metode Penelitian : Jenis penelitian bersifat observasional dengan pendekatan crossectional. Sampel penelitian ini adalah 40 ibu postpartum. Data berat badan ibu postpartum diperoleh melalui observasi dengan cara mengukur berat badan ibu terakhir sebelum melahirkan dikurangi 5 kg kemudian dikurangi berat badan ibu saat ini (usia bayi 6 bulan). Data status pemberian ASI atau susu formula diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Uji statistik yang digunakan adalah uji beda non parametrik K-Independent Sample (Uji Kruskal-Wallis). Hasil : Hasil penelitian menunjukkan berat badan ibu postpartum secara keseluruhan, yang mengalami penurunan berat badan adalah 69,0% dan yang tidak mengalami penurunan berat badan adalah 31,0%. Status pemberian ASI Pre-Laktal adalah 35,7%, ASI dan susu formula adalah 35,7% serta susu formula adalah 28,6%. Hasil uji beda pemberian ASI, ASI dan susu formula serta susu formula menunjukkan tidak ada perbedaan penurunan berat badan dengan p=0,12. Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan penurunan berat badan ibu postpartum yang memberikan ASI, ASI dan susu formula, serta susu formula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berat badan ibu postpartum, ASI, Susu Formula
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 27 Dec 2013 13:02
Last Modified: 17 Sep 2022 06:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27233

Actions (login required)

View Item View Item