Hubungan Antara Tingkat Pendapatan Dan Pengeluaran Pangan-Non Pangan Keluarga Dengan Status Gizi Anak Prasekolahdi Kelurahan Semanggi Dan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta

Prasetyo, Wahyu Eko (2013) Hubungan Antara Tingkat Pendapatan Dan Pengeluaran Pangan-Non Pangan Keluarga Dengan Status Gizi Anak Prasekolahdi Kelurahan Semanggi Dan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HUBUNGAN_ANTARA_TINGKAT_PENDAPATAN_DAN_PENGELUARAN_PANGAN,.pdf

Download (790kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II,.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III,.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV,.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V,.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naska_Publikasi.pdf

Download (292kB)

Abstract

Pendahulaun : Anak usia prasekolah merupakan golongan yang rentan terhadap masalah kesehatan dan gizi. Di Indonesia terdapat masalah gizi ganda, yaitu masalah gizi kurang dan masalah gizi lebih. Penyebab masalah gizi yang timbul secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap keadaan gizi individu, keluarga maupun masyarakat. Salah satu dari penyebab masalah gizi adalah rendahnya tingkat pendapatan keluarga. Tujuan : Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendapatan dan pengeluaran pangan-non pangan keluarga terhadap status gizi anak di Kelurahan Semanggi dan sangkrah, kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta. Metode penelitian : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat observasional dengan pendekatan Cross Sectional. Pendapatan dan pengeluaran pangan-non pangan diperoleh dengan kuesioner dan status gizi dengan pengukuran antropometri yang menggunakan berat badan menurut umur. Uji hubungan menggunakan uji Chi-square Hasil : Penelitian ini dilakukan pada 71 responden, berdasarkan karakteristik jenis kelamin responden yang terbanyak adalah berjenis kelamin perempuan yaitu sebesar 42 orang (59,1%) dengan tingkat pendapatan yang cukup sebesar 58 responden (81,7%), tingkat pengeluaran pangan baik sebesar 56 responden (78,9%), tingkat pengeluaran non pangan baik sebesar 56 responden (81,7%), dan sebesar 42 anak prasekolah (59,2%) dengan status gizi yang baik. Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan antara tingkat pendapatan dengan status gizi anak prasekolah di Kelurahan Semanggi dan Sangkrah, Pasar Kliwon, Surakarta (p=0,847). Tidak tedapat hubungan antara pengeluaran pangan – non pangan dengan status gizi anak prasekolah di Kelurahan Semanggi dan Sangkrah, Pasar Kliwon, Surakarta, pangan (p=0,268) dan non pangan (p=0,606). Saran : Perlunya dilakukan penelitian ulang tentang masalah yang sama dengan variabel lainnya dan ditempat yang sama.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pendapatan, pengeluaran pangan-non pangan, dan status gizi
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Dec 2013 12:48
Last Modified: 27 Dec 2013 12:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27232

Actions (login required)

View Item View Item