Hubungan Urutan Kelahiran Anak Dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Pra-Sekolah (3-5 Tahun ) Di Taman Kanak-Kanak Bangunsari Pacitan

Fuaddha, Fiki and , Irdawati S. Kep., Ns, Msi. Med. and , Dian Nur Wulanningrum, S.Kep., NS (2013) Hubungan Urutan Kelahiran Anak Dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Pra-Sekolah (3-5 Tahun ) Di Taman Kanak-Kanak Bangunsari Pacitan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (289kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (Bab VI)
09_BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
10_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (279kB)
[img] PDF (lampiran)
11_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Urutan kelahiran anak sangat berpengaruh pada perkembangan personal social anak. Perkembangan sosial bagi anak sangat diperlukan karena anak akan belajar mengenal dan menyukai orang lain melalui aktifitas sosial. Urutan kelahiran anak dalam keluarga pun dapat mempengaruhi perkembangan personal sosial anak sehingga mempengaruhi pola sosial anak tersebut dimasyarakat. Untuk mengetahui hubungan urutan kelahiran anak dalam keluarga dengan perkembangan personal social ana k Pra sekolah (3-5 tahun) di Taman Kanakkanak Bangunsari Pacitan tahun 2013. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non exsperimental dengan desain penelitian studi korelasional dan pendekatan Cross Sectional. Populasi dari penelitian ini adalah anak usia pra sekolah (3-5 tahun), terdapat 61 murid yang belajar di taman kanak-kanak (TK) Bangunsari dari 61 murid tersebut terdapat 39 anak yang mempunyai saudara kandung dengan teknik pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling yaitu sampling purposive. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar Vineland Social Maturity Scale (VSMS). Data dianalisa dengan menggunakan metode chisquare Kesimpulannya adalah 1) Sebagian besar anak (48,7%) mempunyai urutan kelahiran yang tergolong bungsu; 2) Personal sosial yang yang paling tinggi adalah sudah sesuai yaitu sebanyak 43,6%; 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara urutan kelahiran anak dengan perkembangan personal sosial anak usia pra sekolah (3-5 tahun) di Taman Kanak-kanak Bangunsari Pacitan. Kata kunci : Urutan kelahiran anak, perkembangan personal social, anak pra sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 26 Dec 2013 12:07
Last Modified: 01 Jun 2016 10:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27214

Actions (login required)

View Item View Item