Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Manfaat Bermain Dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Prasekolah (3-6 Tahun) Di TK (Taman Kanak-Kanak) Pertiwi Jembungan, Banyudono, Boyolali

Anggreni, Novita Ayu and , Irdawati S. Kep., Ns, Msi. Med. and , Dian Hudiyawati, S.Kep., Ns (2013) Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Manfaat Bermain Dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Prasekolah (3-6 Tahun) Di TK (Taman Kanak-Kanak) Pertiwi Jembungan, Banyudono, Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (574kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab VI)
09._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10._Daftar_Pustaka.pdf

Download (201kB)
[img] PDF (Lampiran)
11._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (377kB)

Abstract

Anak yang sedang bermain dengan teman-temannya sangat banyak manfaatnya. Selain untuk kesehatan tubuh anak dengan adanya aktivitas tersebut, dengan bermain anak mulai dapat belajar mengenai kerjasama ataupun belajar menghargai perbedaan. Dengan bermain diharapkan anak dapat berkembang dalam personal sosialnya, namun untuk dapat mencapai perkembangan social yang sesuai dengan usianya, maka diperlukan peran orang tua dalam mendidik. Faktor pengetahuan orang tua tentang manfaat bermain dapat mempengaruhi perkembangan personal anak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang manfaat bermain dengan perkembangan personal sosial anak usia prasekolah di TK Pertiwi Jembungan, Banyudono, Boyolali. jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah ibu yang mempunyai anak usia pra sekolah (3-6 tahun) ditaman kanak-kanak (TK) Pertiwi berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pengetahuan tentang manfaat bermain dan penilaian perkembangan personal menggunakan Vineland Social Maturity Scale (VSMS). Alat analisis menggunakan uji Rank Spearman. Hasil penelitian diketahui 16 responden (53,3%) dengan pengetahuan tinggi, 14 responden (46,7%) dengan pengetahuan rendah. Berdasakan penilaian VSMS diketahui 3 anak (10%) mempunyai perkembangan personal social diatas rata-rata. 23 anak (76,7%) sesuai usia, dan 4 anak (13,3%) dengan perkembangan personal social kurang sesuai. Hasil analisis bivariat diketahui nilai rho= 0,491 p = 0,006. Hasil ini analisis tersebut disimpulkan ada hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang manfaat bermain dengan perkembangan personal sosial anak prasekolah di Taman Kanak-Kanak(TK) Pertiwi Desa Jembungan, Banyudono, Boyolali.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, manfaat bermain, perkembangan personal sosial anak usia prasekolah
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Dec 2013 09:28
Last Modified: 01 Jun 2016 09:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27209

Actions (login required)

View Item View Item