Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perubahan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Tentang Demam Berdarah Dengue Di Desa Trosono Kabupaten Magetan

Firawan, Wiskha Dany and , HM. Abi Muhlisin, SKM, M.Ke p and , Kartinah, A.Kep, S.Kep (2013) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perubahan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Tentang Demam Berdarah Dengue Di Desa Trosono Kabupaten Magetan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (296kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab VI)
bab_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (246kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (187kB)

Abstract

Kebersihan lingkungan merupakan hal yang penting dalam masalah kesehatan. Kebersihan lingkungan dapat dilakukan apabila masyarakat mempunyai kebiasaan berperilaku hidup bersih dengan baik. Adanya kejadian demam berdarah dengue pada masyarakat mencerminkan tindakan pencegahan masih kurang, sebagai akibat dari pengetahuan tentang demam berdarah dengue dan sikap dalam tindakan pencegahan yang kurang. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perubahan pengetahuan dan sikap masyarakat tentang demam berdarah dengue di desa Trosono kabupaten Magetan. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan One-group Pre-Test-Post-Test Design. Sampel penelitian adalah salah satu anggota keluarga yang terkena demam berdarah dalam 5 tahun terakhir dan seluruh rumah yang berdekatan dengan dengan penderita dalam radius 100 meter yang berjumlah 52 responden. Instrument penelitian menggunakan kuesioner pengetahuan dan sikap yang diberikan sebelum dan sesudah pendidikan penyuluhan dilakukan. Metode penyuluhan menggunakan ceramah dan responden diberi leflet. Analisis data penelitian menggunakan uji kompartif parametrik yaitu paired t test. Hasil penelitian diketahui nilai rata-rata pre test pengetahuan sebesar 9.96±3.61 dan post test 12.32±3.25. Nilai rata-rata pre test sikap = 51.30±5.44 dan post test = 56.78±4.7. hasil uji statistik pengetahuan responden sebelum dan sesudah penyuluhan diketahui nilai test pengetahuan t-test = -5.24, p = 0,001, sementara nilai test sikap t-test = -8.25, p = 0,001. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perubahan pengetahuan dan sikap masyarakat tentang demam berdarah dengue di Desa Trosono Kabupaten Magetan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesehatan, pengetahuan, sikap, demam berdarah dengue
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Dec 2013 12:21
Last Modified: 01 Jun 2016 10:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27197

Actions (login required)

View Item View Item