Upaya Pondok Pesantren Modern Bina Insani Ketapang Susukan Kabupaten Semarang Dalam Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Santri

Amin, Muhammad and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag (2013) Upaya Pondok Pesantren Modern Bina Insani Ketapang Susukan Kabupaten Semarang Dalam Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Santri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (826kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (295kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img]
Preview
PDF (Daftra Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (570kB)

Abstract

Pondok Pesantren memiliki peran yang penting dan upaya dalam upaya mengikuti perkembangan jaman. Hal ini dapat dilihat dari beberapa hal yang melatar belakanginya sebagai lembaga pendidikan yang tidak hanya mengajarkan pendidikan diniyah saja akan tetapi juga mengajarkan pendidikan-pendidikan formal yang bertujuan agar peserta didik dapat juga belajar seperti layaknya belajar di lembaga pendidikan di luar pondok. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis dapat merumuskan masalah Bagaimana upaya pembinaan dalam meningkatkan berbicara Bahasa Arab santri di Pondok Pesantren Modern Bina Insani Baran, Ketapang, Susukan Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Bina Insani Baran, Ketapang, Susukan Kabupaten Semarang. Manfaat penelitian ini meliputi manfaat teoritis Memberikan kontribusi berupa penyajian informasi ilmiah tentang upaya peningkatan kualitas berbahasa Arab dan manfaat praktis untuk memberikan informasi tentang bagaimana upaya yang dilaksanakan Pondok Pesantren Modern Bina Insani Ketapang Susukan Kabupaten Semarang dalam meningkatkan berbicara Bahasa Arab santri, sehingga dijadikan sebagai bahan rujukan untuk melakukan perbaikan program kerja Pondok Pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dngan mengamati orang dalam kehidupan sehari-hari dalam situasi wajar, berinteraksi bersama mereka, melakukan wawancara dan berusaha memaknai bahasa, kebiasaan dan perilaku yang berhubungan dengan fokus penelitian. Dengan mengambil lokasi di Pondok Pesantren Modern Bina Insani Baran, Ketapang, Susukan, Kabupaten Semarang sebagai obyek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data dilakukan secara deskriptif (menutur kata dengan apa adannya secara kualitatif) dengan menggunakan metode induktif. Penelitian menyimpulkan bahwa upaya Pondok Pesantren Modern Bina Insani Ketapang Susukan Kabupaten Semarang dalam meningkatkan kemahiran berbicara Bahasa Arab meliputi kegiatan pendidikan formal yaitu mengadakan pembelajaran bahasa Arab seperti Nahwu, Sorof, Balaghoh, Tafsir, Tajwid/P.Iba, Fiqih, Tamrin lughoh, Mutola'ah, Mahfudzot, yang dapat mendukung Santri untuk berbahasa Arab dengan lancar, dan kegiatan pendidikan non formal meliputi mengadakan kegiatan Muhadastah, mengadakan kegiatan Muhadhoroh, , mewajibkan Santri untuk menggunakan bahasa yang sudah ditentukan dari pengurus, mengadakan Kursus Dwi bahasa (Arab dan Inggris), melakukan pengawasan, menerapkan kedisiplinan dan melakukan koordinasi. Faktor-faktor pendukung dari Pondok Pesantren Modern Bina Insani meliputi : Tujuan pembelajaran, ustadz dan ustadzah, LAB Bahasa, buku penunjang Pembelajaran Bahasa, lingkungan, Santri dan Metode dan faktor penghambat seperti : Sarana dan prasarana kurang memadahi, asisten kurang Profesional, penyampaian metode yang monoton, kurangnya koordinasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Meningkatkan Kemahiran, Bahasa Arab
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Dec 2013 11:44
Last Modified: 29 Oct 2021 14:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27195

Actions (login required)

View Item View Item