Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Online Dengan Kecerdasan Emosi

Kholidiyah, Ulfi and , Susatyo Yuwono ,S. Psi, M. Si., Psi. (2013) Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Online Dengan Kecerdasan Emosi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi_-_Ulfi_Kholidiyah.pdf

Download (225kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44MB)

Abstract

Kecerdasan emosi sangat dibutuhkan dalam berhubungan dengan orang lain. Namun, saat ini semakin banyak masalah yang harus dihadapi individu yang dapat berakibat buruk terhadap kecerdasan emosi. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosi yaitu intensitas bermain game online. Tujuan utama pada penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara intensitas bermain game online dengan kecerdasan emosi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya hubungan yang negatif antara intensitas bermain game online dengan kecerdasan emosi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Angkasa Lanud Adi Soemarmo dan siswa SMP Negeri 2 Kartasura yang bermain game online. Teknik sampling menggunakan purposive non random sampling. Penelitian menggunakan skala intensitas bermain game online dan kecerdasan emosi dan hasil penelitian diuji korelasi dengan teknik product moment. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan adanya hubungan intensitas bermain game online yang signifikan dengan kecerdasan emosi, dengan hasil analisis korelasi (rxy) sebesar -0,190 dengan signifikansi (p)=0,024; (p)≤0,05. Hal ini berarti intensitas bermain game online pada remaja dapat mempengaruhi kecerdasan emosi mereka. Kategorisasi remaja mengenai intensitas bermain game online tergolong sedang RE = 24,19 (63,89%) sedangkan kecerdasan emosi remaja tergolong tinggi RE =113,83 (73,14%). Intensitas bermain game online mempengaruhi kecerdasan emosi sebesar 3,6%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Intensitas bermain game online, Kecerdasan Emosi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Dec 2013 08:55
Last Modified: 28 Oct 2021 02:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27192

Actions (login required)

View Item View Item