Hubungan Antara Bakat Numerik Dengan Prestasi Belajar Matematika

Sulistyowati, Dewi Anggraeni and , Drs. Daliman, S.U. (2013) Hubungan Antara Bakat Numerik Dengan Prestasi Belajar Matematika. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (602kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (196kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (593kB)

Abstract

Abstraksi. Pendidikan mempunyai peran penting bagi perkembangan dan kemampuan siswa. Melalui pendidikan diharapkan siswa dapat mengembangkan potensinya, agar menjadi pribadi yang bermutu. Indikator pencapaian keberhasilan sekolah dalam menggemban tugasnya dapat dilihat dari pencapaian prestasi belajar yang tinggi. Salah satu variabel yang turut menentukkan dalam pencapaian prestasi belajar adalah Bakat. Sejalan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bakat numerik dengan prestasi belajar matematika. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan populasi yaitu siswa kelas XI jurusan IPS, di SMA Negeri 1 Limbangan Kendal, sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS1 dan kelas XI IPS3 sebanyak 72 siswa. Diambil melalui cluster sampling. Peneliti menggunakan alat tes A5 dan dokumentasi prestasi belajar matematika. Pengujian hipotesis dengan analisis statistik korelasi product moment kendall’s. Hasil uji hipotesis menunjukkan hubungan positif yang sangat signifikan antara bakat numerik dengan prestasi belajar matematika dengan nilai r= 0,513 dan p= 0,000 (p< 0,01), artinya semakin tinggi bakat numerik siswa maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar matematika, namun sebaliknya semakin rendah bakat numerik siswa,maka akan semakin rendah pula prestasi belajar matematika. Sumbangan efektif sebesar 46,4 % faktor bakat numerik dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bakat Numerik, Prestasi Belajar Matematika.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Dec 2013 11:14
Last Modified: 27 Oct 2021 03:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27172

Actions (login required)

View Item View Item