Analisis Kesesuaian Lahan Untuk Penentuan Prioritas Lokasi Industri Menengah Dan Besar Di Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman

Wahyuningrum, Erma (2013) Analisis Kesesuaian Lahan Untuk Penentuan Prioritas Lokasi Industri Menengah Dan Besar Di Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan_Skripsi_(Erma_W).pdf

Download (485kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I_ERMA.pdf

Download (391kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_ERMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_ERMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_ERMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_ERMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka_(Erma_Wahyuningrum).pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_Skripsi_(Erma_Wahyuningrum).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Publikasi_Karya_Ilmiah_(Erma_Wahyuningrum).pdf

Download (4MB)

Abstract

Kebutuhan lahan untuk penyediaan lokasi industri meningkat selaras dengan pembangunan pada sektor-sektor lain yang juga semakin pesat, sedangkan luas lahan yang ada relatif tetap. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui karakteristik lahan yang sesuai untuk penentuan lokasi industri menengah dan besar di Kecamatan Godean, 2) Menentukan tingkat kesesuaian lahan untuk lokasi industri menengah dan besar di Kecamatan Godean dan 3) Menentukan tingkat prioritas pengembangan lokasi industri menengah dan besar di Kecamatan Godean berdasarkan Rencana Detil Tata Ruang (RDTR). Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yaitu dengan menggunakan metode pengharkatan dan pembobotan semua parameter lahan. Penentuan prioritas pengembangan lokasi industri menengah dan besar dilakukan dengan menggunakan metode matching yang memadukan antara dua variabel yaitu peta kesesuaian lahan dengan peta Rencana Detil Tata Ruang (RDTR). Karakteristik lahan yang sesuai untuk lokasi industri menengah dan besar di Kecamatan Godean adalah lahan berupa dataran fluvio volkanik dengan kemiringan lereng 0 – 8% yang tersusun atas tekstur tanah SW, SP dan SM dengan tingkat kerawanan erosi ringan. Selain itu mempunyai nilai COLE antara 0,011 – 0,06 dan kondisi drainase dengan pengaliran sedang sampai cepat, daya dukung tanah 2,75 – >4,50 kg/cm2 dengan kedalaman muka air tanah 5 – <10 meter, serta jenis penggunaan lahan berupa semak belukar, lahan kosong, kebun campuran, tegalan, permukiman dan sawah yang mempunyai jarak terhadap jalan utama <200 – 400 meter dan jarak terhadap infrastruktur <300 – 500 meter. Kecamatan Godean mempunyai 5 kelas kesesuaian lahan yaitu: kelas sangat sesuai (S1) seluas 685 Ha yang terdapat di Kelurahan Sidorejo, Sidoluhur dan Sidomulyo, kelas cukup sesuai (S2) seluas 1439 Ha yang terdapat di Kelurahan Sidorejo, Sidoluhur, Sidoagung, Sidomulyo, Sidokarto, Sidoluhur dan Sidoarum, kelas sesuai marginal (S3) luas 334 Ha yang terdapat di Kelurahan Sidorejo, Sidoluhur, Sidoagung, Sidomoyo dan Sidoarum, kelas tidak sesuai saat ini (N1) seluas 78 Ha serta kelas tidak sesuai permanen (N3) seluas 148 Ha yang terdapat di Kelurahan Sidorejo dan Sidoluhur. Tingkat prioritas pengembangan lokasi industri menengah dan besar di Kecamatan Godean yaitu lahan prioritas I seluas 49 yang terdapat di Kelurahan Sidoluhur Sidokarto, Sidomoyo dan Sidoarum, lahan prioritas II seluas 47 Ha yang terdapat di Kelurahan Sidoluhur, Sidoagung, Sidomulyo dan Sidokarto serta lahan tidak diprioritaskan seluas 2588 Ha atau 96,9% yang terdapat di Kelurahan Sidorejo, Sidoluhur, Sidoagung, Sidomulyo, Sidokarto, Sidoluhur dan Sidoarum.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesesuaian lahan, prioritas lokasi industri, industri menengah dan besar.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Dec 2013 07:30
Last Modified: 23 Dec 2013 07:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27161

Actions (login required)

View Item View Item