Pemodelan Spasial Untuk Identifikasi Banjir Genangan Di Wilayah Kota Surakarta Dengan Pendekatan Metode Rasional (Rational Runoff Method)

Purwono, Nugroho (2013) Pemodelan Spasial Untuk Identifikasi Banjir Genangan Di Wilayah Kota Surakarta Dengan Pendekatan Metode Rasional (Rational Runoff Method). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dewasa ini studi tentang fenomena hidrologis banyak mengikutsertakan peran informasi spasial sebagai dasar pertimbangan dalam penilaian, demikian dalam studi hidrologi perkotaan. Dalam konteks perkotaan, kajian dengan model spasial menjadi cara baru untuk menggali informasi seperti halnya studi terkait peristiwa banjir genangan (local flood). Penelitian ini membuat sebuah model spasial dan replikasi secara deterministik dari kompleksitas fenomena hidrologis khususnya banjir genangan di Kota Surakarta menurut sudut pandang spasial. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) mengetahui hasil model banjir genangan berdasar penilaian parameter utama yang meliputi debit runoff, kapasitas volume resapan, serta daya tampung drainase wilayah; 2) mengidentifikasi secara keruangan distribusi potensi banjir genangan berikut luasan yang dapat ditimbulkan melalui model spasial; 3) mengevaluasi keakurasian hasil model spasial yang diterapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif analitik dengan teknik penerapan fungsi Sistem Informasi Geografis (SIG) sebagai alat pendukung analisis. Sementara itu survei lapangan digunakan untuk menilai keakurasian hasil model yang diterapkan. Penilaian terhadap potensi banjir genangan dilakukan melalui pendekatan metode rasional (rational runoff method), dengan satuan wilayah sub-sistem drainase kota sebagai unit analisis. Analisis hasil model dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi dua skenario kondisi sesuai dengan kriteria parameter yang diperoleh. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terjadi potensi banjir genangan di sebagian wilayah sub-sistem drainase Kali Anyar pada skenario ‘A’ dengan kondisi intensitas curah hujan <60 mm/jam, selanjutnya potensi banjir genangan terjadi hampir di seluruh wilayah sub-sistem drainase Kota Surakarta pada skenario ‘B’ dengan kondisi intensitas curah hujan >60 mm/jam; 2) untuk skenario kondisi ‘A’, potensi banjir genangan teridentifikasi pada sub-sistem drainase wilayah Kali Anyar atau pada wilayah administrasi meliputi sebagian Kecamatan Banjarsari dan Kecamatan Jebres dengan luasan wilayah potensial sebesar 186, 96 ha, sedangkan untuk skenario kondisi ‘B’ menunjukkan bahwa hampir seluruh sub-sistem drainase yang ada di Kota Surakarta teridentifikasi berpotensi banjir genangan dengan perkiraan total luas genangan sebesar 378,13 hektar; 3) evaluasi akurasi terhadap model menunjukkan nilai 0,6571 untuk koefisien kappa dan 83,33% untuk akurasi keseluruhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model spasial, metode rasional, potensi banjir genangan, akurasi model
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Dec 2013 07:14
Last Modified: 23 Dec 2013 07:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27160

Actions (login required)

View Item View Item