Pengukuran Kinerja Supply Chain Management Dengan Pendekatan Supply Chain Operation Reference (SCOR) (Studi Kasus: UKM Batik Sekar Arum, Pajang, Surakarta)

Wigaringtyas, Latifa Dinar and , Hafidh Munawir, S.T., M.Eng and , Mila Faila Sufa, S.T., M.T. (2013) Pengukuran Kinerja Supply Chain Management Dengan Pendekatan Supply Chain Operation Reference (SCOR) (Studi Kasus: UKM Batik Sekar Arum, Pajang, Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (644kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (481kB)

Abstract

Dewasa ini persaingan dalam dunia perindustrian menjadi tantangan utama bagi perusahaan dalam menjalankan aktivitas produksinya. Perusahaan dituntut untuk berpikir kreatif untuk mengimplementasikan strategi bersaing dengan menghasilkan barang/jasa yang lebih berkualitas, murah, dan cepat dibandingkan dengan pesaing. Untuk itulah diperlukan pengukuran kinerja supply chain management (SCM) agar dapat meningkatkan daya saing dan loyalitas konsumen. UKM Batik Sekar Arum merupakan perusahaan produsen kain dan busana batik cap yang melakukan kegiatan SCM. Perusahaan terus berupaya untuk mengoptimalkan produksi kain batik hingga produk diterima oleh pelanggan. Salah satu upaya yang dapat ditempuh adalah dengan melakukan pengukuran kinerja SCM. Penelitian ini membahas mengenai pengukuran kinerja SCM dengan pendekatan Supply Chain Operation Reference (SCOR) di UKM Batik Sekar Arum. Penelitian ini diawali dengan pembuatan hirarki awal yang didasarkan pada proses dalam SCOR, yaitu Plan, Source, Make, Delivery, dan Return dengan dimensi umum, yaitu Reliability, Responsiveness, Flexibility, Cost, dan Asset. Kemudian hirarki awal tersebut disesuaikan dengan kondisi perusahaan yang kemudian dilakukan untuk mengukur kinerja SCM perusahaan. Identifikasi Key Performance Indicator (KPI) menjadi tolak ukur dalam pengukuran kinerja sedangkan normalisasi Snorm De Boer berfungsi untuk menyamakan nilai KPI tersebut. Analytical Hierarchy Process (AHP) dilakukan selanjutnya untuk membantu dalam menentukan prioritas kriteriakriteria yang ada. Pengukuran kinerja SCM di UKM Batik Sekar Arum ini menghasilkan 24 KPI dan nilai kinerja tertinggi pada proses Source, sedangkan nilai terendah adalah Plan. Adapun nilai kinerja SCM perusahaan adalah 74,06. Nilai ini menunjukkan bahwa pencapaian kinerja SCM perusahaan tergolong kategori Good.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analytical Hierarchy Process, Kinerja, dan Supply Chain Operation Reference
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Dec 2013 12:22
Last Modified: 07 Nov 2021 13:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27143

Actions (login required)

View Item View Item