Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) PPTQ (Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an) Mahasiswa (Penerapan Konsep Green Architechture di Surakarta)

Shochifah, Ikrima Iffah and , Dr. Ir. Dhani Mutiari, M.T. and , Riza Zahrul Islam, S.T., M.T. (2013) Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) PPTQ (Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an) Mahasiswa (Penerapan Konsep Green Architechture di Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (260kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (957kB)

Abstract

Semakin banyaknya perguruan tinggi di Indonesia yang menekankan pada kegiatan hafalan qur’an dengan sistem pondok pesantren sebagai tuntutan pemenuhan akan pendidikan Al Qur’an dan tenaga kerja yang mempunyai Sumber Daya Manusia yang berintelektual islam tinggi. Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an memberikan materi kepada para santri yang meliputi takhasus Al Qur’an, Tahfidz Al Qur’an, Kajian Tafsir Al Qur’an, Kajian Hadits, Kajian Fikih, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan juga pembinaan entrepreneur. Sedangkan pembelajaran di Pondok Pesantren ini menggunakan sistematika Al Qur’an dan Hadits, menjadikan Al Qur’an dan sunnah rasul hidup berjalan seiring dengan aktivitas kehidupan sehari-hari. Al Qur’an adalah petunjuk tuntunan hidup yang didalamnya mengandung hukum-hukum yang mengikat dan wajib ditegakkan. Cara penerapan dan penyebarluasannya mengikuti teladan dari Nabiyullah Muhammad saw. serta dengan mengikuti millah Nabiyullah Ibrahim as. Setiap santri dididik untuk senantiasa memahami serta menerapkan Al Qur’an dan Al Hadits dalam kehidupan sehari-hari, serta dengan menyebarluaskannya. PPTQ ( Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an ) Mahasiswa dengan Penerapan Konsep Green Architecture di Surakarta adalah suatu wadah dalam sekelompok bangunan di Surakarta sebagai pusat pendidikan Al Qur’an yang setingkat perguruan tinggi , dengan penekanan konsep green architecture dengan tujuan melindungi dan memanfaatkan alam sehingga dapat meminimalkan dampak negatif pada lingkungan demi kenyamanan penghuni dalam proses pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren,Tahfidz Qur’an
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Dec 2013 10:57
Last Modified: 05 Nov 2021 12:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27139

Actions (login required)

View Item View Item